RADAR JOGJA – Jumbara dan Temu Karya I Tingkat Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) 2019 berlangsung di Gunungkidul. Kegiatan tersebut diwarnai aksi sosial, salah satunya datang dari PT Pegadaian. Lembaga BUMN tersebut memberikan bantuan ambulance standar internasional kepada PMI DIJ.

Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian DIJ, Damar Ratri Setiawan mengatakan, sebagai BUMN PT Pegadaian memiliki tanggung jawab sosial melalui Corporate Social Responsibility (CSR). Dalam hal ini memberikan donasi ambulance bertaraf internasional untuk membantu masyarakat dalam mengatasi bencana atau hal lain yang dibutuhkan.

“Kami berharap masyarakat terbantu dan kami minta doa dan support dari semua supaya PT Pegadaian kedepan semakin maju,” kata Damar Ratri Setiawan saat ditemui di sela kegiatan pembukaan Jumbara dan Temu Karya I Tingkat Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) 2019, di Pusat Latihan Tempur (Puslatpor) Paliyan, Gunungkidul, Sabtu (28/9).

Dikatakan, selain memberikan 1 unit bantuan ambulance senilai Rp 1,5 miliar, melalui CSR PT Pegadaian juga ada kegiatan bersih-bersih. Ada tiga hal penting, pertama bersih-bersih lingkungan, bersih-bersih hati, dan bersih-bersih adminstrasi. Ke depan ketiga hal tersebut target yang harus terus ditingkatkan.

Sementara itu, Ketua PMI DIJ, GBPH Prabukusumo mengucapkan terimakasih kepada PT Pegadaian atas donasi ambulance. Kendaraan medis tersebut masuk dalam kelas utama, karena fasilitas di dalamnya komplit.

“Kami berharap, bantuan dapat digunakan dengan baik sehingga membantu masyarakat yang membutuhkan,” kata GBPH Prabukusumo.

Lebih jauh dikatakan, kegiatan kegiatan Jumbara dan Temu Karya I Tingkat Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) 2019 merupakan ajang pertemuan relawan PMI untuk saling berbagi, evaluasi, meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam suasana gembira bersahabat dan partisipatif.

“Selain itu, momen ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antar relawan, masyarakat dan stakeholder dalam kerja-kerja kemanusiaan. Relawan adalah garda terdepan dalam tugas kemanusiaan PMI,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mewakili Bupati Badingah berharap kegiatan Jumbara dan Temu Karya I Tingkat Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) 2019 berjalan dengan lancar. (gun/tif)

Gunungkidul