GUNUNGKIDUL – Kepemimpinan Bupati Gunungkidul Badingah kurang lebih tinggal setahun lagi. Estafet kepemimpinan pun dipastikan berganti. Belasan nama masuk dalam bursa kandidat Bupati Gunungkidul periode 2021-2026.

Meski demikian, Badingah bertekad berlari kencang selama mengisi waktu sebelum lengser. Dia mengaku ini ingin fokus kerja, kerja, dan kerja.

Bupati dua periode itu ingin membawa visi dan misi yang diusung ke garis finis. Dia menghendaki seluruh program kampanye terealisasi.

Belum lama ini, Badingah menghadiri syawalan Paguyuban Kades Semarsembogo Gunungkidul. Yakni pada 24 Juni lalu.  ”Pilkada masih jauh. Tetapi, Pak Kades, Bu Kades, kayaknya sudah punya jago. Syawalan kali ini kompak. Pasti ada sesuatu  yang menarik,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Badingah meminta maaf kepada para kades jika ada kesalahan selama satu tahun terakhir. Kata dia, tugas dan tanggung jawab mengemban amanah rakyat belum selesai. ”Saya minta didukung untuk menyukseskan visi dan misi,” ujarnya.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara pilkada oleh KPU Gunungkidul dalam Pilkada 2014, paslon nomor urut 1 Badingah-Immawan unggul dalam perolehan suara. Mereka meraih 167.915 suara.

Sedang paslon nomor urut 2 Benyamin Sudarmadi-Mustangid memperoleh 98.379 suara. Paslon nomor urut 3 Djangkung Sudjarwadi- Endah Subekti Kuntariningsih mendapat 104.440 suara. Paslon nomor urut 4 Subardi-Wahyu Purwanto harus puas dengan perolehan 54.076 suara.

Jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya dalam pilkada 9 Desember itu tercatat 434.478 orang. Suara sah 424.810 dan suara tidak sah 9.668. (gun/amd/by)

Gunungkidul