GUNUNGKIDUL – Ditlantas Polda DIJ menggelar program Millennial Road Safety Festival di wilayah hukum Polres Gunungkidul. Kegiatan yang diadakan untuk mengampanyekan keselamatan berlalu lintas tersebut dikemas dalam bakti sosial (baksos).

Wakapolda DIJ, Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno beserta jajaran Ditlantas Polda DIJ ke Gunungkidul kemarin. Mereka mendatangi beberapa rumah warga kurang mampu di Desa Gari, Kecamatan Wonosari.

Rombongan juga membawa bantuan berupa permakanan hingga perobatan. Kegiatan tersebut dilakukan agar polisi dapat lebih dekat dengan masyarakat.

“Sebenarnya (baksos) kegiatan rutin Polda DIJ. Setiap minggu kami beri bantuan ke masyarakat yang kurang mampu. Beberapa hari yang lalu kami juga lakukan hal serupa di Bantul,” kata Bimo.

Millennial Road Safety Festival dengan cara berbagi di Gunungkidul menyasar tiga rumah warga kurang mampu. Ada tiga sasaran kegiatan baksos, semuanya warga Desa Gari. Yang dapat bantuan macam-macam, ada yang janda hidup sebatang kara dan ada janda yang hidup bersama dua anak berkebutuhan khusus.

“Semoga bantuan kecil ini bermanfaat bagi mereka,” ujar Bimo.
Menurut dia, Millenial Road Safety Festival sekaligus bertujuan untuk mendekatkan anggota kepolisian kepada masyarakat. Sehingga dapat menciptakan kamtibmas di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Direktur Ditlantas Polda DIJ, Kombes Pol Tri Julianto Budi Utomo mengatakan, selain baksos juga dilakukan kegiatan safety riding menyasar kaum milenial. Pertimbagannya, banyak kaum milenial terlibat kecelakaan lalu lintas.

“Sasarannya adalah anak-anak usia sekolah,” kata Tri Julianto.

Di bagian lain, seorang penerima program baksos warga Gari, Ngadirah berterima kasih kepada kepolisian atas bantuan yang diberikan. Selama ini warga Padukuhan Gari tersebut hidup sebatang kara. Lansia berusia 70 tahun tersebut bekerja serabutan untuk menyambung hidup. (gun/iwa/fn)

Gunungkidul