Lengkapi Berkas Pungli TPR agar Segera Disidangkan
GUNUNGKIDUL – Belum ada perkembangan berarti dalam penanganan kasus dugaan pungli oknum aparatur sipil negara (ASN) dari kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul. Penyidik kepolisian masih sibuk melengkapi berkas.
Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Rudi Prabowo mengatakan pihaknya masih berusaha melengkapi berkas pemeriksaan tersangka pungli Dwi Jatmiko. Oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Gunungkidul berkas yang semula dilimpahkan masih P19 atau belum lengkap sehingga dikembalikan.
“Sekarang kami tengah berusaha melengkapi berkas. Mudah-mudahan tidak lama lagi segera selesai dan kembali dilimpahkan ke kejari,” kata Rudi Widodo kemarin (20/2).
Agar berkas perkara segera P21 atau dinyatakan lengkap, penyidik kepolisian juga menggandeng inspektorat daerah. Nanti akan didatangkan ahli dari pemkab sebagai pelengkap berkas pemeriksaan. “Minggu ini berkas pemeriksaan segera kami limpahkan kepada pihak kejari,” ujar Rudi.
Diharapkan penanganan kasus dugaan pungli tersebut beres dan bisa segera dinyatakan lengkap oleh kejari. Operasi tangkap tangan (OTT) terjadi pada Sabtu 15 Oktober 2016, berikut barang bukti sejumlah bendel karcis, uang tunai Rp 9,5 juta dan dokumen milik TPR berhasil diamankan dapat berlanjut ke persidangan. “Jadi, untuk kelanjutannya, kami dari penyidik menunggu keterangan ahli dari inspektorat,” kata Rudi.
Sementara itu, Kepala Inspektorat Daerah Gunungkidul Sujarwo membenarkan terkait keterangan ahli dari instansinya untuk melengkapi berkas pemeriksaan tersangka Dwi Jatmiko.
“Hanya saja kami masih menunggu perkembangan dari kepolisian. Akan tetapi keterangan ahli dari kami menunggu pemanggilan penyidik kepolisian,” kata Sujarwo.
Dia mengaku sudah menyiapkan ahli yang dibutuhkan kepolisian. Inspektorat sejauh ini juga telah intensif berkomunikasi dengan kepolisian agar berkas perkara tersangka dugaan pungli rampung.
Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah menegaskan tidak akan melakukan intervensi terhadap kasus yang membelit anak buahnya. Dia menyerahkan sepenuhnya kasus dugaan penyelewengan tempat penarikan retribusi (TPR) kepada pihak berwajib. “(Kasus) ini sudah ditangani kepolisian to?” kata Badingah. (gun/iwa/mg1)

Gunungkidul