GUNAWAN/RADAR JOGJA
BERBAHAYA: Warga melintas di lokasi tanah longsor Bukit Mongkrong, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari (7/3).

GEDANGSARI – Bukit Mongkrong di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari longsor, Minggu petang (6/3). Bencana terjadi akibat bukit diguyur hujan terus menerus dan menimbun jalan di kaki bukit.

Longsoran bukit setinggi 20 meter tersebut mengakibatkan jalan penghubung Padukuhan Mongkrong dan Sengonkerep putus. Batu dan tanah berhasil disingkirkan warga sehingga jalan kembali normal.

Salah seorang warga, Kusmiyanto mengatakan, bencana berawal saat terjadi hujan deras di Gedangsari sejak Minggu siang hingga sore. Bukit Mongkrong yang rawan longsor pun ambrol tak kuat menahan guyuran hujan.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut,” kata Kusmiyanto (7/3).

Dia menjelaskan, karena jalan cor blok itu sangat vital untuk arus lalu lintas warga, maka masyarakat langsung menyingkirkan material longsoran dengan kerja bakti. “Sekarang sudah nornal, jalan bisa dilalui,” terangnya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sutaryono mengatakan, warga harus mewaspadai bukit yang rawan longsor di musim hujan ini. Bantuan logistik bagi warga yang melakukan kerja bakti sudah diberikan BPBD. (gun/iwa/ong)

Gunungkidul