RADAR JOGJA – Salah satu sineas berbakat Indonesia, Randolph Zaini memulai debut penyutradaraan film panjangnya melalui film berjudul Preman. Sebuah film drama aksi yang mengusung isu penting tentang bullying, power abusive juga menyinggung soal toxic masculinity.

Film Preman sendiri bercerita tentang seorang ayah yang ingin melindungi anaknya karena anaknya menjadi saksi pembunuhan yang mengerikan. Hubungan ayah dan anak dalam film  ini disajikan dengan apik diperankan oleh Khiva Iskak dan Muzzaki Ramdhan.

Sang sutradara yang juga merupakan penulis skenario film Preman, Randolph Zaini mengatakan, proses penulisan skenario film ini dimulai dari 2018. “Saya sudah menulis skenario film ini sekitar Agustus 2018. Mengalami bongkar pasang penulisan sampai saya libatkan juga para pemain dalam development karakter yang akan mereka mainkan,” terang Randolph dalam sesi wawancara setelah nonton bersama di Empire XXI, Jogja, Selasa¬† (30/11).

Khiva Iskak, karakter utama dalam film Preman menjelaskan soal tantangan yang dihadapinya dalam memainkan karakter Sandi. Menurutnya, karakternya cukup menguras mental dan fisik.

“Luar biasa antusias bisa memerankan karakter yang tidak biasa, yaitu bisu dan tuli, namun di sisi lain juga persiapannya lebih banyak dan matang. Saya belajar bahasa isyarat intensif selama 2 bulan untuk memerankan karakter ini,” jelas Khiva.

Preman sendiri berhasil masuk 8 nominasi dalam Festival Film Indonesia 2021. Warga Jogja mendapat keistimewaan karena bisa menyaksikan film Preman terlebih dahulu melalui Jogja NETPAC Asian Film Festival (JAFF) ke-16.

Sebelumnya, film Preman sudah diputarkan di beberapa festival film internasional. Antara lain adalah Seattle Internasional Film Festival, Shanghai Internasional Film Festival, Fantastic Fest Film Festival, dan Urbanworld. Untuk jadwal penayangan resmi di Indonesia sendiri diusahakan akan rilis pada awal 2022.

“Kami mengusahakan film ini bisa dinikmati lebih banyak penonton dan rilis secara resmi Januari atau Februari 2022 mendatang. Tim kami sedang melakukan pembicaraan soal jadwal perilisan, semoga semuanya lancar sesuai yang kami harapkan” tutup Randolph Zaini. (om9/ila)

Entertainment