RADAR JOGJA – Berlangsung secara virtual, tak mengurangi semarak Prambanan Jazz Virtual Festival 2021. Mengusung tema Bersemi Dalam Kolaborasi, konser musik ini melibatkan puluhan musisi kenamaan. Antusiasme penonton terbukti tinggi selama dua hari penyelenggaraan, Jumat (19/11) dan Sabtu (20/11).

Salah satu penampil Yura Yunita menyampaikan rasa antusiasnya. Baginya konser di Prambanan Jazz memiliki makna tersendiri dan pengalaman yang tak terlupakan. Terlebih panggung musik ini memiliki latar belakang Candi Prambanan.

“Ini sudah beberapa kalinya aku tampil di Prambanan Jazz, tapi jadi lebih spesial tahun ini karena aku berkesempatan tampil di sore hari. Tahun-tahun sebelumnya aku selalu tampil malam hari, dan tahun ini akhirnya aku bisa lihat Prambanan yang cantik sekali di sore hari,” jelasnya, Sabtu (20/11).

Pengalaman tak terlupakan juga tertanam Floo. Salah satu pemenang dari program Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 ini merasakan atmosfer yang kuat. Tampil dalam salah satu ajang musik jazz terbesar di Indonesia.

“Ini semacam dreams come true, mimpi banget sebelumnya bisa tampil di Prambanan Jazz, akhirnya tahun ini kejadian. Semoga membuka pintu bisa masuk ke industri musik Indonesia,” katanya.

Founder of Prambanan Jazz Festival Anas Alimi menuturkan persiapan Prambanan Jazz sangatlah berliku. Beberapa kali even musik ini harus mengubah jadwal. Penyebabnya adalah ketatnya aturan penyelenggaran konser musik selama pandemi Covid-19.

Walau begitu, berkat konsistensi yang tinggi, konser tahun ini bisa terselenggara. Para musisi yang hadir juga suka cita bergabung dalam Prambanan Jazz Festival 2021. Walau akhirnya konser harus terselanggara sepenuhnya secara virtual.

“Tentu, ini bukan karya saya, ini karya dan kerja tim dengan semangat kolaborasi yang tinggi. Saya ucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang turut membantu, saya juga berharap semoga Prambanan Jazz Festival bisa menjadi virus positif ditengah virus corona,” ujarnya.

Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 menghadirkan puluhan musisi bernuansa jazz dan folk tanah air. Mulai dari Bellacoustic Indonesia, Manjakani, Nadin Amizah, Nita Aartsen and Eurasian Big Band feat Tompi, serta Pamungkas yang mengisi line up pada hari pertama, (19/11). Sementara pada hari kedua menampilkan Floo, Yura Yunita, Letto, Swingayogya, Ardhito Pramono dan Tulus. (om9/dwi)

Entertainment