RADAR JOGJA – Meski berselimut pandemi Covid-19, penyelenggaraan Ngayogjazz 2021 tetap berlangsung meriah. Konsep blended antara daring dan luring berubah pada detik-detik terakhir. Konser yang berlangsung di Kampung Wisata Dusun Karang Tanjung, Pandwowoharjo, Ngaglik Sleman terpaksa tanpa penonton umum.

Walau begitu semangat Ngayogjazz tetap tercermin dari setiap panggungnya. Mulai dari panggung utama Panggung Bregas, Panggung Waras hingga Panggung Saras. Para musisi penampil menghadirkan warna musik yang berbeda-beda dari setiap pementasan.

“Kami berharap Ngayogjazz 2021 dapat berjalan dengan lancar, wani ngejazz lan waspada. Ini juga mengingatkan kita karena masih dalam masa pandemi kita harus menjaga protokol kesehatan,” jelas Kepala Dinas Pariwisata DIJ Singgih Raharjo ditemui di Panggung Bregas, Sabtu (20/11).

Singgih berharap Ngayogjazz dapat menjadi tonggak kebangkitan. Khususnya untuk sektor pariwisata dan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Ini karena adanya sinergi antara pelaku seni dengan warga Kampung Wisata.

Dia juga meminta warga untuk bersabar dalam menghadapi pandemi Covid-19. Ngayogjazz bukan satu-satunya kegiatan seni yang terdampak. Tidak sedikit acara yang harus diagendakan ulang bahkan dibatalkan karena terkendala penerapan protokol kesehatan.

“Ngayogjazz ini menjadi upaya pemda Jogjakarta dalam memulihkan perekonomian dan diharapkan pula Ngayogjazz dapat dilaksanakan kembali tahun depan secara luring,” katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengapreasiasi penyelenggaran Ngayogjazz 2021. Tetap konsisten berlangsung di kampung wisata. Ini menjadi bukti bahwa Ngayogjazz juga memikirkan roda perekonomian masyarakat.

Walau berlangsung tanpa penonton umum, konser Ngayogjazz tetap berlangsung meriah. Warga kampung dari tua hingga muda menyaksikan penampilan setiap artis. Ada yang dari kediamannya masing-masing, adapula yang mendekati panggung.

“Saya atas nama Bupati Sleman mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua panitia. Bahwa dalam rangkaian Ngayogjazz yang ke 15 ini diselenggarakan di Kabupaten Sleman. Ini merupakan penghargaan bagi kami sebagai Bupati dan warga Sleman,” ujarnya (co1/dwi)

Entertainment