RADAR JOGJA – Gelaran Ngayogjazz 2021 hadir menyapa dengan konsep hybrid. Mengusung tema Tetep Ngejazz Lan Waspada, konser musik berlangsung secara online dan offline. Puncak acaranya hadirnya para musisi dan komunitas jazz di Dusun Karang Tanjung, Pandowoharjo, Ngaglik Sleman.

Board of Creative Ngayogjazz Bambang Paningron menuturkan tema memiliki makna yang kuat. Berjalan selama 15 tahun, penyelenggaran tahun ini sangatlah spesial. Alasannya karena bertepatan dengan kondisi pandemi Covid-19.

“Ini sebuah tantangan, karena bertepatan atau masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Tentu tidak mudah, tapi kami tetap berusaha untuk hadir tentunya dengan penyesuian protokol kesehatan secara ketat,” jelasnya dalam jumpa media di The Alana Jogjakarta Hotel and Convention Center, Senin (15/11).

Tak hanya konser musik, adapula serangkaian acara yang dimulai Selasa (16/11) dan Kamis (18/11). Pertama adalah Workshop Reriungan sebagai wadah bagi para komunitas jazz untuk berkumpul. Lalu adapula Lekasan Ngayogjazz yang bertujuan memberikan ruang bagi para komunitas jazz.

“Ini bisa jadi ruang untuk tetap berkarya meski pandemi Covid-19 belum sepenuhnya menghilang,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata DIJ Singgih Raharjo menyambut gelaran Ngayogjazz 2021. Baginya penyelenggaran even musik tahunan ini sangatlah unik. Musik jazz yang identik dengan kemewahan dapat berpadu dengan suasana perkampungan.

Menurutnya, ini menjadi bukti bahwa semua kalangan dapat menikmati musik ini. Tak harus hadir dalam suasana elegan tapi cukup dengan kesederhanaan. Para penontonnya juga membaur dengan warga perkampungan dimana konser berlangsung.

“Ternyata jazz bisa dihadirkan di dusun, di desa yang semua orang bisa menikmatinya. Ini hanya ada di Ngayogjazz,” ujarnya.

Untuk menikmati Ngayogjazz 2021 secara offline cukup mudah. Dengan membeli paket produk UMKM Desa Karang Tanjung terlebih dahulu seharga Rp 50.000 melalui aplikasi Visiting Jogja. Paket yang disediakan secara terbatas ini sudah termasuk makan dan minum di lokasi serta biaya parkir.

Sementara bagi masyarakat yang ingin menyaksikan Ngayogjazz 2021 secara virtual dapat mengakses melalui www.ngayogjazz.com. (co1/dwi)

Entertainment