RADAR JOGJA – Aplikasi streaming musik Joox Indonesia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-6. Untuk ikut serta memeriahkannya, Joox Indonesia meluncurkan karya dokumenter berjudul SVARA, Perjalanan Bermakna di Balik Nada. Karya ini merupakan hasil kolaborasi antara trio produser musik Laleilmanino, rumah poduksi Visinema, Swara Gembira dan berbagai komunitas kesenian.

Setelah enam tahun hadir di tengah persaingan platform streaming musik, Joox Indonesia berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Tentunya dengan memberikan pengalaman baru dalam bermusik. Konsepnya dengan memasukkan unsur-unsur kebudayaan didalamnya.

“Seiring peningkatan konsumsi lagu lokal di JOOX yang mencapai 75 persen, JOOX menghadirkan kolaborasi akbar. SVARA ini yang merupakan awal dari perjalanan kami menjadi wadah kolaborasi yang berkontribusi dalam mendukung perkembangan industri musik dan kreatif tanah air,” jelas Head of Marketing Joox Indonesia Yuanita Agata.

Pemilihan Laleilmanino juga memiliki alasan yang kuat. Dipilih karena dalam kurun waktu 7 tahun terakhir telah menciptakan setidaknya 100 karya. Selain itu kerap berkolaborasi dengan penyanyi ternama Indonesia. Ditambah lagi terpilih dalam ajang Anugerah Musik Indonesia selama dua tahun terakhir.

Selama perjalanannya itu, Laleilmanino ingin beristirahat sejenak dari kesibukan di studio dan membuat lagu. Mereka melakukan perjalanan ke empat kota di Indonesia, diantaranya Bali, Jogjakarta, Cirebon dan Jakarta. Perjalanan ini untuk mempelajari kebudayaan tradisional dari para seniman dan budayawan setempat.

“Dari ke empat kota tersebut Laleilmanino berhasil menciptakan empat karya yang berkolaborasi dengan musisi lokal dan memasukkan unsur musik tradisional. Proses shooting seluruh karya Laelmanino dilakukan selama satu tahun di tengah pandemi Covid-19,” cerita Yuanita.

Seluruh episode dokumenter SVARA “Perjalanan Bermakna di Balik Nada” dapat disaksikan melalui fitur Joox Live mulai 5 November 2021. Sedangkan untuk empat lagu Joox Original Svara akan diluncurkan secara bertahap setiap minggunya. Perdana pada 8 November 2021 secara eksklusif di aplikasi Joox. (sce/co1/dwi)

Entertainment