RADAR JOGJA – Grand Concert Vol. 8 2021 yang berjudul “Reinkarnasi Omkara” adalah sebuah konser orkestra tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Gadjah Mada Chamber Orchestra (GMCO). GMCO merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dalam bidang seni dan termasuk orkestra mahasiswa besar di Indonesia dalam lingkup universitas negeri nonkesenian.

Project Manager Grand Concert Vol. 8 GMCO Brigita Tyara Pricilla menjelaskan, hadir dengan nama “Reinkarnasi Omkara” yang berarti lahirnya kembali suara-suara yang indah. Konser ini bertujuan meningkatkan eksistensi diri dan sebagai bentuk apresiasi kepada musik. Selain itu, konser ini diharapkan mampu mengembalikan semangat para anggota GMCO dalam bermusik serta membangkitkan antusiasme para penikmat musik.

”Konser ini merupakan manifestasi perjalanan dan semangat juang dari para tokoh pada masa lalu yang dihadirkan dalam kondisi dewasa ini. Dalam perjalanan meraih impian, kita seringkali menjumpai berbagai hambatan, seperti pandemi Covid-19. Adanya hambatan terkadang membuat kita merasa gagal dalam mencapai impian. Akan tetapi, hal tersebut sebenarnya mengingatkan kita untuk rehat sejenak dan mengevaluasi diri untuk bangki,” ungkapnya, Selasa (8/6).

Sebelumnya, GMCO telah menyelenggarakan tujuh kali Grand Concert sejak 2011 hingga 2018. Acara ini diselenggarakan secara sukses dengan total 7.165 penonton dari Grand Concert Vol. 1 hingga Grand Concert Vol. 7. Tentunya, Grand Concert selalu menghadirkan beberapa musisi besar Indonesia, seperti Singgih Sanjaya, Binu D. Sukaman, Lea Simanjuntak, Marcell Siahaan, Putri Ayu, Addie M. S., dan Angela July.

”Pada Grand Concert Vol. 8 tahun ini, GMCO kembali dengan menghadirkan bintang tamu spektakuler yang karya dan namanya telah menyinari dunia musik Tanah Air, Isyana Sarasvati,” ungkapnya.

Selain kehadiran Isyana Sarasvati, juga kolaborasi dengan Paduan Suara Mahasiswa UGM, Marching Band UGM, tari kontemporer, serta berbagai vokalis lain. Grand Concert Vol. 8 menyajikan penampilan terbaik melalui alunan berbagai jenis musik dalam format orkestra dengan iringan vokal, paduan suara, serta tarian yang megah dapat memanjakan telinga.

”Juga memberikan kesan tersendiri bagi para penonton. Konser ini ingin membawa penonton untuk menikmati kembali suasana konser orkestra karya anak bangsa, mahasiswa Universitas Gadjah Mada,” tuturnya.

Grand Concert Vol. 8 ini diselenggarakan secara online sehingga dapat disaksikan dari rumah masing-masing atau dari manapun, tidak terbatas pada Kota Jogja saja. Konser ini memanjakan penonton dengan membawakan enam buah lagu.

Tiga lagu di antaranya, yaitu Swan Lake oleh Pyotr Ilyich Tchaikovsky, Rehat dari Kunto Aji, dan Cindai dari Siti Nurhaliza yang direkam secara langsung pada 2 Mei 2021 di Balairung UGM. Sedangkan tiga lagu lainnya, yaitu Sikap Duniawi dari Isyana Sarasvati, I Dreamed A Dream dari Anne Hathaway, dan Nacht Gesang dari Alfian Emir Adytia direkam secara mandiri di rumah masing-masing.

Terdapat tiga konduktor berbakat dari GMCO yang memimpin enam lagu tersebut. Mereka adalah Alfian Nur Rizqy, Adinda Putri Pertiwi, dan Andreas Harnastyo Pratama. Adapula orang-orang hebat lainnya dalam konser ini, di antaranya yaitu Puput Pramuditya sebagai Music Director, Habibi Rahman sebagai Concert Master, dan Brigita Tyara sebagai Project Manager.

Grand Concert Vol. 8: “Reinkarnasi Omkara” ini ditayangkan secara online melalui Loket.com dan GoPlay pada 5 Juni lalu pukul 19.00 WIB. Adapun tiket untuk menyaksikan acara ini seharga Rp55.000 dan dapat dibeli melalui Loket.com dan GoTix. Untuk informasi konser-konser orkestra GMCO selanjutnya dapat diperoleh melalui Instagram @gmco_ugm, twitter @GMCO_UGM, serta website gmco.ukm.ugm.ac.id. (*/ila)

Entertainment