RADAR JOGJA – Kabar menarik untuk para konten kreator. Kini ada Yoursay.id., ebuah yaitu platform penerbit konten berbasis buatan pengguna atau konten kreator. Launching platform dari PT Arkadia Digital Media, Tbk ini berlangsung Kamis (3/6).

Launching ditandai dengan menggelar talkshow bertajuk ”Laju Platform Digital dan Masa Depan Konten Kreator”. Acara ini diadakan secara live streaming melalui situs berbagi video Youtube.com dan Dailymotion.com.

Selain talkshow, launching juga ditandai dengan kick-off kompetisi menulis untuk para konten kreator yang bergabung dalam wadah Yoursay.id. Kompetisi menulis ulasan atau review mengajak para konten creator untuk menulis ulasan tentang sejumlah tema. Bagi mereka yang terpilih, akan mendapatkan total hadiah Rp 10 juta.

Chief Operating Officer Arkadia Digital Media Suwarjono menjelaskan, alasan meluncurkan Yoursay.id. Menurutnya, pertumbuhan jumlah pengguna internet pada 2021 yang melesat menjadi 202 juta, pengguna smartphone lebih dari 300 juta dan infrastruktur yang semakin murahmembuat dunia digital Indonesia riuh. Pandemi semakin menebalkan jumlah pengguna internet, sehingga setahun terakhir selama pandemi, ada kenaikan 27 juta pengguna internet.

Sayangnya, keriuhan dunia maya mengkhawatirkan banyak pihak. Banyak konten bermuatan hoaks, ujaran kebencian, SARA, dan pornografi. Selainitu, mayoritas 90 persen pengguna internet di Indonesia masih didominasi penikmat konten.  ”Hanya 10 persen yang merupakan pembuat konten alias creator konten. Publik membutuhkan banyak konten digital yang lebih produktif, kritis dan bermanfaat,” jelasnya.

PT Arkadia Digital Media, Tbk, perusahaan induk Suara.com ingin berkontribusimembangun dan mendorong lebih banyak lagi konten positif bertebaran di jagat digital dengan meluncurkan online publishing platform, yakni Yoursay.id.

Platform ini dimunculkan supaya semakin banyak creator konten dengan memfasilitasi, mengajak dan membuka ruang diskusi bagi para pembuat konten, baik artikel, foto dan video.  Yoursay.id akan bertindak seperti penerbit bagi karya konten kreator yang menjadi mitra, sekaligus mencarikan pasar untuk mereka.

”Wajah digital kita harus lebih banyak konten berkualitas disbanding sampah. Banyak pembuat konten bagus dan butuh tempat. Kami akan menfasilitasi, mendampingi, memberikan manfaat dan nilai tambah. Kami ingin mendorong demokratisasi konten, agar dunia digital kita tidak dibanjiri sampah,” tegasnya. (ila)

Entertainment