RADAR JOGJA – Tidak terasa perjalanan Radio Geronimo FM sudah memasuki setengah abad. Tepat pada 31 Mei 2021, radio yang selalu menjadi ikon anak muda di Jogjakarta ini memperingati ulang tahun yang ke-50. Pada peringatan ulang tahun yang ke-50 tahun ini, Radio Geronimo FM mengusung tema “Viva Geronimo”.

Tema ini diusung untuk mengukuhkan keberadaan Radio Geronimo yang selalu ada untuk semua, berdiri bersama untuk melangkah ke depan, ke arah yang lebih baik, dan tetap solid. “Dan tentunya selalu menyuarakan yang terbaik dari Jogjakarta sesuai dengan visi misi Geronimo,” ujar Direktur Utama PT  Radio Geronimo Rafika Duri, Senin (31/5).

Rafika Duri tidak menampik perjalanan radio di tengah era komunikasi digital saat ini tidak semulus era sebelumnya. Terlebih pandemi Covid-19 membuat Geronimo juga terdampak secara langsung dan mengalami tekanan. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik juga mau tidak mau dipatuhi Radio Geronimo sekalipun memberatkan industri radio. Terlebih PP itu dikeluarkan saat pandemi Covid-19.

“Untuk sementara ini kami masih menunggu kesepakatan berapa yang harus kami bayarkan setiap tahunnya ke Lembaga Manajemen Kolektif Nasional,” ucapnya.

Meskipun demikian, memasuki usia 50 tahun membuat Radio Geronimo 106.1 FM tetap harus optimistis menghadapi perubahan dan beradaptasi sesuai dengan visi yang diusung. Visi Geronimo FM adalah menggagas kehidupan anak muda yang dinamis, santun dalam bertindak, mempunyai cita-cita tinggi dan berpandangan luas ke depan tanpa kehilangan latar budayanya.

Oleh karena itu, Geronimo FM selalu menemani dan membantu mereka yang sedang mempersiapkan masa depan kehidupan dengan selalu mengingatkan dasar pijakan budaya dan dinamis menghadapi perubahan dalam wujud program media siaran.

Pada peringatan ulang tahun usia emasnya kali ini, Geronimo Records secara khusus meluncurkan sebuah lagu berjudul Viva Geronimo. Lirik lagu ini berisi optimisme melangkah maju dan bangkit untuk meraih mimpi tanpa keragu-raguan. ”Jingle ini menjadi pengingat bagi kami semua untuk jangan kalah dengan rasa takut dan tetap optimistis dalam segala situasi,” kata Rafika Duri.

Dalam kesempatan yang sama, dia mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas pengorbanan serta loyalitas juga pengertian. Juga dukungan dari rekan-rekan penyiar dan manajemen yang selalu luar biasa dan tentunya juga untuk kanca muda yang selalu setia sampai dengan saat ini mendengarkan Radio Geronimo 106.1 FM.

Di ulang tahun ke-50 tahun ini, Radio Geronimo juga mengadakan kunjungan ke panti asuhan dan panti wreda pada Minggu (30/5) serta open house dan tumpengan, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebagai bentuk kepeduliaan terhadap warga sekitar Radio Geronimo FM juga membagikan sembako tepat pada 31 Mei 2021 sebagai rangkaian peringatan ulang tahun ke-50. Ada pula auction program yang dilakukan sejak 25 sampai 31 Mei 2021.

Tidak hanya itu, ada on air progam seperti One Day Quiz pada 31 Mei sampai 6 Juni 2021 dengan hadiah utama emas dan aneka hadiah hiburan seperti suvenir, sneakers, T-shirt, dan sebagainya. Program Gayam Siaran (Gaya Mantan Siaran) pada 31 Mei – 6 Juni 2021 yang menghadirkan eks penyiar Geronimo angkatan 1970 sampai 2000 kembali siaran, serta Tik Tok Quiz yang mengajak kanca muda untuk mengikuti gerakan Tik Tok dengan menggunakan iringan musik Viva Geronimo dengan hadiah utama emas. (ila)

Entertainment