RADAR JOGJA – Memelihara hewan seperti kucing, kelinci hingga anjing tentu merupakan suatu hal biasa yang orang orang lakukan. Namun akan terasa berbeda ketika memilih hewan anti mainstream seperti axolotl sebagai hewan peliharaan. Axolotl ini merupakan hewan unik berkaki empat asal Mexico yang  hanya bisa bertahan hidup di air yang bersuhu dingin.

Selain memiliki bentuk yang lucu, axolotl ini juga termasuk hewan amfibia yang memiliki insang yakni di tanduknya serta memiliki paru-paru. ”Yang menjadikannya istimewa yakni axolotl hanya dapat hidup di dalam air dingin,” ujar Owner Axolotl Jogja Jimmy Odang saat di temui di kediamannya belum lama ini (16/4).

IKAN BERKAKI: Axolotl merupakan hewan unik berkaki empat asal Mexico yang hanya bisa bertahan hidup di air yang bersuhu dingin. (DAVID FOR RADAR JOGJA)

Jimmy Odang mengatakan, awalnya dia cuma memelihara saja. Namun, karena tertarik dia mencoba untuk membudidayakan sendiri . ”Awal mula saya tertarik untuk  mengembangkan axolotl itu, karena dulunya memelihara sendiri trus lama-lama tertarik untuk membudidayakannya. Akhirnya saya belajar budidaya dengan membeli sepasang,” ujarnya

Menurut Jimmy, memelihara axolotl tentu ada tantangannya. Namun, menurutnya, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika memelihara axolotl. Pertama harus menjaga kualitas air, parameter air harus bagus terus, serta suhu air harus dingin. ”Air dingin ini tidak bisa ditoleransi. Harus air dingin,” tandasnya.

Jimmy menambahkan, suhu yang baik untuk axolotl itu biasanya berada di 18-25 derajat dan itu suhu optimal . Untuk bisa memeliharanya, axolotl dipatok dengan harga  Rp 200 ribu hingga jutaan rupiah. Harga tersebut tergantung dari jenis dan ukuran axolotl yang hendak dipelihara. (om2/ila)

Entertainment