RADAR JOGJA – TikTok mengadakan kompetisi #TauGaSih berhadiah ratusan juta untuk konten berisi ide dan tips seputar prakarya Do It Yourself (DIY) dan topik edukasi lainnya. Saat Ramadan ini, ada banyak kebiasaan yang dilakukan selama puasa dan juga pada saat Lebaran.

Misalnya saja memberikan salam temple ke anggota keluarga yang lebih kecil. Juga mengirimkan hampers ke sanak saudara dan kerabat, ataupun mendekorasi rumah untuk menyambut tamu yang ingin silaturahmi.

TikTok, platform distribusi video singkat, menghadirkan berbagai inspirasi prakarya DIY dari para kreator yang mungkin bisa ditiru dan dilakukan sendiri di rumah. Misalnya dengan memberikan THR yang tidak biasa. Pembagian THR biasanya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para keponakan ataupun saudara yang masih kecil saat hari Lebaran tiba. Mereka pun biasanya mempersiapkan dompet atau tas kecil untuk menyimpan uang yang mereka dapat di hari tersebut.

Nah, dompet lucu dari kertas seperti yang diajarkan oleh creator Rita Jessica bisa menjadi pilihannya. Cukup dengan kertas A4 warna warni dan sedikit kreativitas, bisa berikan dompet menggemaskan kepada para adik-adik atau keponakan.

Bisa pula memanfaatkan waktu ngabuburit menjelang buka bisa untuk kegiatan yang bermanfaat. Seperti tips dari kreator Aliciaeva yang membuat lukisan dengan memakai sisa bubble wrap. Ternyata hasilnya bisa jadi sangat estetik.

Kegiatan lain, yakni mendekorasi ulang rumah atau kamar bisa jadi cara agar perayaan Ramadaan atau Lebaran terasa beda tahun ini. Meskipun bertemu teman atau saudara secara virtual, dekorasi rumah yang cantik tetap bisa diwujudkan. Coba intip tips dari Megawatiphonix untuk membuat prakarya dekorasi estetik dengan bahan sederhana, dan tidak perlu anggaran yang besar.

Head of User and Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra mengatakan, saat ini semakin banyak kreator yang membagikan konten seputar DIY di TikTok. Ini tentunya menjadi prestasi tersendiri melihat kreativitas para creator yang sangat berkembang.

“Semoga dengan tips yang dibagikan para kreator, bisa menjadi inspirasi bagi para kreator lainnya untuk ikut menghasilkan konten yang kreatif,” ujarnya.

Nah, untuk terus mendorong kreativitas pengguna, TikTok pun kembali mengadakan kompetisi di dalam aplikasi, kali ini bertajuk #TauGaSih yang berlangsung mulai 9 April hingga 18 April ini. Kompetisi ini mengajak para pengguna untuk membagikan konten informatif, bukan hanya seputar tips DIY, tapi juga konten life hacks, IPTEK, fakta seru, pelajaran sekolah termasuk bahasa asing, fotografi, tutorial, motivasi dan bisnis, olahraga dan kesehatan, hingga seni.

Pengguna yang mengunggah konten sebanyak mungkin atau minimal 3 video secara konsisten. Kemudian menggunakan fitur teks atau suara asli untuk menjelaskan dan membubuhkan tagar #TauGaSih. Mereka berkesempatan untuk memenangkan hadiah total ratusan juta rupiah. (ila)

Entertainment