RADAR JOGJA- Selama 360 menit, musisi, pekerja event, dan master of ceremony (MC) Jogja sukses menggelar konser daring dan lelang karya untuk menggalang dana bagi korban banjir dana tanah longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT) Minggu (11/4).

Acara ini merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh teman-teman band, vendor dan pekerja seni di Jogja untuk mengumpulkan donasi yang ditujukan kepada korban Siklon Seroja di NTT.

Sebanyak  21 musisi, 6 MC, seniman melelang karya, dan didukung oleh beberapa vendor sound system serta multimedia.

“Sebagai musisi, kami berharap konser ini bisa membantu elain memberikan hiburan ditengah pandemi, juga mengajak teman-teman ikut berdonasi. Agar memantik hal serupa di tempat lain”, kata Dicki Mahardika.

Ia tak berharap acara ini akan terulang. Karena itu pertanda bahwa bencana masih terjadi. Namun, menurutnya jika memang dibutuhkan rekan-rekan musisi akan selalu siap gugur gunung untuk membantu teman-teman yang membutuhkan.

Meski acara ini persiapannya sangat mepet, namun teman-teman musisi, seniman, MC, vendor dan media memberi respon cepat untuk saling membantu satu sama lain dari sebelum hingga sesudah acara sangat baik,”ujarnya.

Konser daring ini di isi jajaran musisi Yogyakarta, diantaranya Untitled Joy, Lourentia Kinkin, LA.RIK.AN, Montase, Gabriela Fernandez, Olski X Korekayu, Roket, Nudia Mumtaza, Illona & Zufar, MusikSuteja, Megantoro, Impromptu, Klif, Krans, Circle Fox, Buktu, Niskala, Langit Sore, Uncle T, Lintang Ariani & Browspit Sail.

Acara ini disiarkan melalui kanal youtube EVIO Multimedia, HOOKSpace, YK Weekend GIGS, dan Labs Channel mulai pukul 15.30 WIB ini sukses meraih hati para dermawan dengan berhasil mengumpulkan jumlah donasi sebesar Rp 6.877.000 pun donasi ini tak berhenti hanya saat acara berlangsung saja. Melainkan donasi tersebut masih berlangsung hingga satu minggu kedepan. Donasi masih bisa disalurkan melalui rekening BCA a.n Gerfian Riandra No. Rek. 846-514-041-7.

Untuk lelang sendiri, secara teknis bagi yang ingin membeli karya bisa melihat katalog barang yang dijual dan di lelang di akun instagram @360menituntukntt. Ada beberapa karya lukisan dari Gabriela Fernandes, Seruni Bojawati, dan beberapa seniman lainnya. Pun, koleksi pribadi dari mas Dacong juga dilelang pada kesempatan kali ini. Bagi yang berminat bisa langsung bid atau langsung membeli barang yang tersedia. Untitlled Joy didapuk menjadi band pembuka pada acara ini.

Kehadiran Cici Priskila, Alit Jabang Bayi, Gundhissos, Mukti Entut, Hafidz Khirzin, Mukti Entut, dan Yusril Fahriza sebagai MC membuat suasana lebih meriah. Mereka memang selalu ditunggu-tunggu oleh penonton. Meski digelar secara daring, antusiasme penonton tak kalah hebatnya. Ribuan penonton menikmati konser ini melalui gawainya masing-masing.

Keriuhan tersebut bisa dirasakan melalui komentar-komentarnya di akun youtube. Wihelminus Fernandez, melalui komentarnya di akun Youtube HOOKSpace menyebut “semoga diberkati untuk menjadi berkat bagi sesama yang sedang dilanda duka bencana di NTT. Tuhan memberkati”.

Komentar lain datang dari dari Nadal Dasilva. Ia menonton konser daring ini dari NTT. “Kami dari NTT mengucapkan terima kasih untuk live konsernya”, tulis Nadal di kolom komentar.

Konser daring ini tak akan berjalan dan terlaksana dengan baik tanpa bantuan berbagai pihak. Diantaranya adalah 87, Triposa, Volcano Production, Mozza Sound, Duplex, Oka Creativa, Setara, Blue Production, Evio Multimedia, Revel, Ninja Studio, Labs Channel, Kamada & Malika Ballroom, Hectic Creative, Mol Coffee, Stonemilkerward, Jirolugerr, Kamada & Malika, dan Sleman City Hall. (sky)

Entertainment