RADAR JOGJA – Membutuhkan rekomendasi emulator Mobile Legend terbaik? Mungkin bisa mencoba mencari tahu melalui situs https://feedeed.com/. Emulator bagi sebagian orang memang masih menjadi istilah asing dan tidak dikenal. Namun untuk pengguna atau praktisi dunia komputer, termasuk juga pecinta game online dijamin sangat familiar.

Emulator bahkan menjadi penyelamat bagi pecinta game menantang seperti Mobile Legend untuk bisa bermain tanpa hambatan yang berarti. Kemudian, jenis emulator ini sangat banyak karena sudah banyak pengembang yang menyediakannya. Lalu, apa itu emulator dan kenapa harus menggunakannya saat bermain Mobile Legend?

Sekilas Tentang Emulator dan Manfaat Menggunakannya

Sebelum mengetahui apa saja emulator Mobile Legend yang banyak direkomendasikan karena dikenal bekerja dengan sangat bagus. Sebaiknya memahami dulu pengertian emulator dan manfaat penggunaanya, terutama untuk para pecinta game Mobile Legend yang baru merintis level permainan populer satu ini.

Emulator bisa didefinisikan sebagai sebuah perangkat keras maupun perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur kinerja suatu perangkat (misal komputer) agar bekerja maksimal seperti perangkat komputer lain yang sifatnya host. Komputer host umumnya memiliki kinerja lebih baik, atau istilahlah lebih gahar.

Ditunjang oleh spesifikasi yang tinggi sehingga benar-benar meningkatkan kepuasan saat bermain Mobile Legend. Hanya saja komputer host seperti ini tentu hanya bisa dimiliki setelah mampu menyediakan modal yang besar, karena harganya mahal. Sebagai solusi, tidak perlu upgrade perangkat melainkan menggunakan emulator Mobile Legend.

Emulator ini akan membantu meningkatkan kinerja perangkat yang digunakan bermain game agar lebih maksimal. Ada banyak emulator bisa ditemukan, dan bisa mengutamakan yang sudah terbukti dan banyak direkomendasikan. Kemudian, penggunaannya juga memberi banyak manfaat. Diantaranya adalah:

  • Meminimalkan Masalah Lag

Manfaat pertama menggunakan emulator adalah meminimalkan resiko mengalami lag. Yakni game mendadak berhenti dan layar tidak bergerak, hal ini terjadi ketika membuka atau menjalankan aplikasi yang berat. Namun dengan emulator, resiko lag di tengah bermain Mobile Legend bisa dihindari.

  • Memperpanjang Umur Perangkat

Memaksa perangkat yang spesifikasinya kurang mendukung untuk bermain game seperti Mobile Legend. Sudah tentu akan berdampak pada kerusakan perangkat tersebut, sehingga umurnya lebih pendek. Supaya umur perangkat bisa lebih lama maka penggunaan emulator sangat dianjurkan.

Sebab membantu perangkat menjalankan lebih banyak aplikasi berat namun tidak menekan sistem di perangkat tersebut. Hal ini kemudian membuat perangkat bebas eror dan kemudian memiliki masa pakai lebih lama.

  • Meningkatkan Ukuran dan Kualitas Layar

Manfaat berikutnya adalah membantu meningkatkan ukuran atau luas dari layar perangkat yang digunakan bermain game. Sehingga bersama emulator Mobile Legend dijamin kepuasan bermain game tersebut bisa didapatkan. Sebab tampilannya lebih lapang dan bahkan untuk grafisnya pun lebih maksimal. Sehingga kualitas layar akan terlihat ikut mengalami peningkatan.

  • Memfasilitasi Custom Control

Penggunaan emulator untuk bermain Mobile Legend juga mendapatkan fasilitas untuk custom control. Yakni bisa menggunakan kontrol permainan melalui keyboard maupun dengan mouse dan tombol tertentu pada keyboard. Sehingga bisa disesuaikan dengan tingkat kenyamanan para penikmat game itu sendiri.

Rekomendasi Emulator Mobile Legend Terbaik

Tertarik untuk menggunakan emulator Mobile Legend yang tepat? Maka berikut adalah beberapa rekomendasi terbaiknya:

  1. BlueStack

BlueStack adalah rekomendasi pertama untuk emulator bermain game Mobile Legend di PC. Emulator satu ini banyak direkomendasikan karena memang mudah untuk digunakan, ringan, dan memiliki tampilan menarik sekaligus maksimal. Tidak heran jika emulator satu ini kemudian banyak digunakan dan banyak direkomendasikan.

Bluestack kemudian diketahui memiliki banyak keunggulan, seperti kemampuannya untuk berjalan dengan baik di perangkat yang spesifikasinya terbatas. Penggunanya juga bisa mendapatkan fasilitas update berkala yang tentu menunjang keamanan selama bermain game secara online.

  1. AMI DuOS

AMI DuOS juga banyak direkomendasikan sebagai emulator untuk game Mobile Legend. Emulator ini merupakan produk dari American Megatrend dan sangat populer karena sampai saat ini sudah ada ratusan juta orang yang menggunakannya.

AMI DuOS memang sempurna untuk mendukung kegiatan bermain game, terutama di perangkat PC. Namun, emulator Mobile Legend ini juga cocok digunakan di perangkat mobile berbasis Android. Selain mendukung Mobile Legend juga mendukung game lain, yang tentu bisa dinikmati atau dimainkan kapan saja.

  1. Nox Player

Emulator terbaik berikutnya untuk bermain Mobile Legend adalah Nox Player yang lebih akrab disapa dengan sebutan Nox. Emulator satu ini banyak direkomendasikan karena gratis da mendukung perangkat PC maupun perangkat mobile berbasis Android.

Penggunaannya pun sudah, cukup instal di perangkat kemudian login menggunakan akun Google. Baru kemudian menginstal permainan Mobile Legend, dan memainkanya sesuai keinginan. Selain untuk bermain Mobile Legend, emulator ini juga cocok untuk permainan populer lainnya.

  1. Genymotion

Sebenarnya untuk emulator Genymotion lebih diperuntukan bagi pengembang game. Namun jika saat ini memiliki kemampuan untuk coding bahasa pemrograman tertentu, bisa menjadikannya sebagai emulator Mobile Legend karena memang sangat bisa diandalkan.

Emulator satu ini bisa digunakan pula di perangkat Android, namun untuk Android versi Oreo ke atas. Keuntungan lain memakai emulator satu ini adalah bisa update berkala, sehingga menunjang keamanan dan peningkatan fitur secara berkala juga.

  1. Game Loop

Emulator Mobile Legend berikutnya ada Game Loop yang dulunya lebih dikenal dengan nama Tencent Gaming Buddy. Sebab Gem Loop merupakan versi pembaharuan dari emulator tersebut, yang tentu punya beberapa fitur dan keunggulan tambahan. Emulator ini cocok untuk berbagai jenis game, termasuk Mobile Legend.

Hanya saja emulator didesain hanya untuk mendukung kegiatan  bermain game. Jadi, jika ingin memakai emulator untuk bermain game sekaligus bermain media sosial maka perlu mencari emulator lain. Keunggulan lainnya dari Game Loop adalah sudah didukung langsung oleh developer.

  1. Android Studio

Rekomendasi  berikutnya adalah Android Studio yang merupakan satu-satunya emulator Mobile Legend yang mendapat lisensi dari Google. Sifatnya yang resmi tentu menjadi nilai tambah, agar tidak was-was saat bermain game online seperti Mobile Legend.

Hanya saja, untuk bisa menggunakan emulator ini penting untuk memahami teknik coding bahasa pemrograman. Bagi pecinta game yang bukan berasal dari jurusan IT dijamin akan kesulitan. Sehingga emulator ini bisa dijadikan alternatif akhir atau yang utama khusus untuk yang paham coding.

  1. Andy

Rekomendasi berikutnya adalah Andy, yang juga termasuk emulator Android untuk PC yang populer. Emulator satu ini bisa dinikmati secara gratis dan fitur yang disediakan juga cukup beragam. Andy kemudian bisa digunakan di perangkat komputer berbasis Windows dan juga Mac, sehingga sangat fleksibel untuk berbagai jenis perangkat.  Sifatnya yang gratis tentu bisa dijadikan pilihan untuk bisa bermain Mobile Legend di perangkat standar tanpa lag sekaligus tanpa harus keluar banyak modal. Jadi, silahkan mempertimbangkan emulator satu ini. Apalagi memiliki user interface layaknya tampilan game di perangkat Android.

Diantara sekian rekomendasi emulator Mobile Legend di atas, mana yang akan dipilih? Tentunya semua rekomendasi tersebut layak untuk dipilih sebab sudah banyak yang membuktikan kinerjanya yang memuaskan. Jadi, silahkan memilih yang dirasa paling mudah untuk digunakan. (*/ila)

Entertainment