RADAR JOGJA – Helarius Daru, atau yang lebih dikenal Ndarboy Genk mengaku dikenal oleh khalayak luas berkat layanan streaming. Untuk musisi dangdut berbahasa jawa seperti dirinya, tidak mudah memasarkan lagu sebelum ada layanan streaming. “Begitu ada layanan streaming, orang bermobil bisa dengar,” jelasnya saat media visit secara virtual bersama JOOX pada Jumat (11/12).

Helarius Daru menambahkan, ” dulu untuk memasarkan lagu dirinya menghampiri satu demi satu radio lokal. Ia juga memasukkan lagu ke warnet berharap lagunya diputar  dan didengarkan.

Setelah sampai rumah dengerin radio kok nggak diputer, begitu ada layanan streaming, ia mengaku lebih mudah memasarkan karyanya. Ia tinggal mengurus hak cipta dan mengunggahnya. Layanan streaming pun bisa menjangkau khalayak lebih luas. Kini penikmat lagunya maupun dangdut berbahasa jawa yang lain menjadi lebih beragam, ” tambahnya.

Head of Marketing JOOX Indonesia Yuanita Agatha  mengatakan pihaknya sangat memperhatikan hak cipta di layanan streamingnya. Pihaknya bekerja sama dengan label yang memiliki ijin mendistribusikan karya. Bagi pihak yang merasa lagunya dibajak pun bisa menghubungi Joox untuk ditindaklanjuti. (asa/sky)

Entertainment