RADAR JOGJA – Orkes Sinten Remen (OSR), Rabu (2/12) meluncurkan video klip lagu terbarunya, “Protokol Kesehatan Laksanakan”. Dengan kemasan musik jenaka dan bahasa sederhana, lagu ini berisi pesan-pesan untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi. Peluncuran disiarkan langsung dari Padepokan Seni Bagong Kussudiardja melalui kanal Youtube Butet Kartaredjasa dan Instagram Orkes Sinten Remen.

Lagu ini adalah proses kreatif salah satu musisi OSR, Kendar Wahyudi (pemain cuk) yang kemudian dikembangkan dan diaransemen oleh para personil OSR. Peluncuran dikemas dalam acara ngobrol santai, dipandu Butet Kartaredjasa.

Dalam Peluncuran vidio klip terbaru Orkes Sinten Remen (OSR),  juga menghadirkan  Penyanyi Kroncong asal Solo Endah Laras yang menyanyikan lagu tersebut.

Butet Kartaredjasa terpikir untuk menggagas pembuatan video klip ini karena menurutnya lagu ini memiliki pesan yang bagus dan menarik. Di samping itu, OSR sendiri sudah lama tak membuat video klip.

Menurut Butet, kepatuhan terhadap protokol kesehatan masih akan berusia panjang, paling tidak hingga akhir tahun depan, sebelum vaksin disuntikkan kepada seluruh anggota masyarakat secara merata.

“Jadi supaya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan itu berjalan dengan baik, ya salah satunya didorong melalui komunikasi publik melalui lagu ini,” kata Butet sembari menambahkan, “Dan membuat video klip merupakan salah satu cara mendekatkan lagu ini kepada masyarakat.”

Meski lahir dari situasi yang memprihatinkan, lagu ini diharapkan tetap dapat menghadirkan sesuatu yang sangat bermakna untuk situasi Indonesia saat ini.

OSR sendiri terbentuk pada 1997, dan sejak saat itu konsisten menghadirkan musik kreatif yang mencerdaskan, penuh dengan canda tawa, namun juga menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia.

Grup ini membawakan humor satir yang terbungkur keroncong dengan sentuhan tradisional. Mereka menampilkan keroncong dengan gaya yang khas, dengan guyon ala Jogja. (asa/sky)

Entertainment