RADAR JOGJA – Seniman tari legendaris Didik Nini Thowok terus menunjukan eksistensinya di dunia seni. Sosok yang sudah berusia 66 tahun itu dalam waktu dekat akan memiliki rumah koleksi. Isinya akan menampilkan koleksi Didik seperti baju, topeng, dan lainnya. Meski berkonsep museum, Didik enggan menyebut rumah koleksinya itu dengan museum. 

“Kalau museum itu kesannya tua begitu ya, kalau rumah koleksi kan kesannya lebih akrab,” katanya kepada Radar Jogja, Sabtu (28/8).

Didik menceritakan awal mula menggagas rumah koleksi. Berawal dari hobinya mengoleksi barang-barang unik seperti miniatur, sandal hotel, dan banyak yang lain. Tentu saja barang-barang yang dia pakai ketika pentas. 

“Banyak teman yang menyarankan untuk dipamerkan saja,” jelasnya.

Rumah koleksi yang terletak di lantai dua rumah Didik di kawasan Kricak tersebut juga akan berguna untuk edukasi bagi siswa maupun masyarakat yang ingin mengetahui soal seni. Namun, rumah koleksi Didik Nini Thowok diperkirakan baru bisa dikunjungi oleh publik Januari 2021.

Usia Didik kini sudah tak muda lagi. Kendati demikian dia tetap berkarya. 

“Kalau berkarya itu kan ga bisa berhenti ya,” tandasnya.

Dalam proses penyempurnaan Rumah Koleksi tersebut, Didik Nini Thowok mendapatkan banyak bantuan. Salah satunya dari Telkom. Perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi itu memberikan sumbangan sebesar Rp. 15 juta. 

Executive Vice President Telkom Regional 4 Jateng-DIJ Djatmiko mengungkapkan kekagumannya pada sosok Didik. Menurut dia, Didik bisa terus konsisten berkarya dari dulu hingga sekarang.

Selain itu Djatmiko juga merasa bangga bisa hadir di rumah koleksi Didik Nini Thowok dan sedikit berkontribusi membantu rumah koleksi tersebut. 

“Rumah koleksi ini nantinya akan menjadi destinasi wisata baru di Jogja,” ujarnya. (kur/tif)

Entertainment