JAKARTA – Heavy metal adalah teman yang memberikan banyak kenikmatan dan kesenangan lalu juga membantu mereka  melewati masa-masa kesulitan. Itulah komentar Rob Halford, vokalis Judast Priest.

Cuaca mendung menghiasi langit Jakarta tadi malam. Ribuan orang antusias mendatangi Allianz Ecopark Ancol untuk menyaksikan momen langka. Momen pertunjukan musik heavy metal dari sebuah grup musik legendaris dari Britania Raya Judast Priest. Judast Priest Live in Concert ini menjadi penampilan Rob Halford cs perdana di Tanah Air.

Judast Priest Live ini Concert ini merupakan bagian dari program produksi Rajawali Indonesia Communication dan JogjaROCKarta Festival. Panitia menyiapkan panggung khusus untuk mendukung ajang konser skala internasional ini.Salah satunya adalah Harley Davidson. Ciri khas piranti pendukung konser Judast Priest mereka menggelar konser.

Mengenakan berbagai atribut laiknya penggemar berat musik heavy metal, kaus hitam, berbagai asesoris, sepatu boot, dan lain- lain ribuan bahkan belasan ribu fans berat grup musik pelantun lagu Breaking The Law ini tertib memasuki venue.

Mereka datang dari berbagi kota. Akhir pekan, tanggal masih muda menjadi salah satu alasan mereka menonton grup musik peraih Grammy Award sebagai Best Metal Performance 2010 ini. Alasan utama tentu saja mengobati rindu berat kehadiran kedatangan ”Metal God” dari Negeri Ratu Elizabeth ini.

Yang datang menonton termasuk para musisi rock kenamaan. Dedengkot Edane Eet Syahrani satu di antaranya. Menurutnya ini memberi hiburan tersendiri. Dia ingin nostalgia menikmati semua lagu Judast Priest. Menurutnya ini konser istimewa.

”Band era SMP gue. Baru live nonton kali ini. Selebihnya di YouTube,” kata Eet.

Dari Jogja, serombongan penggemar Judast Priest juga hadir. MC kocak Gepeng Kesana Kesini bahkan sejak siang sudah stay di venue. Mereka datang lengkap dengan atribut hitam-hitam.

Penggemar lainnya adalah pasangan Nazaruddin Latief dan Ndari Rummi. Mereka adalah pasangan muda yang mengaku sejak dulu menyukai heavy metal. Satu di antaranya adalah grup Judast Priest ini. Bahkan saat nikahan dulu, Ndari minta kompilasi CD album milik Judast Priest sebagai salah satu ”kado”nya.

”Surprise banget bisa nonton langsung. Ini sangat spesial,” kata pasangan yang dua-duanya pernah sebagai wartawan dan bertugas di Jogja.

Ya. Judast Priest adalah salah satu metalhead yang namanya sangat populer di Indonesia. Bahkan, orang nomor satu di Indonesia sekarang, Presiden Joko Widodo adalah penggemar berat grup metal yang menelorkan album Firepower yang mulai dirilis Maret 2018 lalu itu.

CEO Rajawali Indonesia Communication Anas Syahrul Alimi mengatakan, secara khusus para personel Judast Priest  mengundang Jokowi. Manajemen promotor juga mengajukan permohonan ke Istama Negar. Namun karena tugas sebagai presiden teramat menyita waktu, kakek Jan Ethes itu urung datang.

Ya. Ajang bertajuk Judast Priest Live in Concert di Jakarta ini merupakan penutup Firepower World Tour. Ajang bergengsi ini

Selain Indonesia, pelantun lagu Breaking The Law ini telah menggelar konser di Slovenia, Jerman, Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan sejumlah negara lain. Firepower merupakan salah satu karya terhebat yang pernah diciptakan Rob Halford dkk. Firepower menjadi representasi karya- karya terbaik Judast Priest yang dipersembahkan kepada para metalhead. Termasuk di Indonesia.

Judast Priest datang ke Tanah Air dengan formasi Rob Halford (vokal), Andy Sneap (gitar), Richie Faulkner (gitar), Ian Hill (bass), dan Scott Travis (drum).

Rob Halford mengaku  surprise bisa tampil di Indonesia. Karena di Indonesia penggemar Judast Priest cukup  besar. Bahkan dia sengaja mengenakan batik lengan panjang saat press conference di Hard Rock Cafe, Kamis (6/12). Sayang, batik yang dia kenakan bukan batik Jogja. Tapi batik Cirebon.

Tadi malam, Judast Priest memberikan penampilan terbaiknya. Meskipun sudah sepuh-sepuh mereka tetap berusaha tampil maksimal. Lagu yang paling populer yang ditunggu-tunggu Metal God, Breaking The Law, Living After Midnight menjadi lagu utama tadi malam. Koor penonton menyanyikan lagu- lagu ini. Selain lagu lainnya di album Firepower. (din/ila)

Entertainment