Pukau Penonton Prambanan Jazz Festival 2018

SLEMAN – Grup vokal asal Irlandia, Boyzone, tampil sebagai penutup dalam gelaran Prambanan Jazz Festival 2018 di Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, Minggu (19/8). Boyband yang digawangi Ronan Keating, Mikey Graham, Shane Lynch, dan Keith Duffy ini tidak henti-hentinya membuat penonton berdecak kagum.

Penampilan mereka dibuka lewat ‘Picture of You’, lalu disambung dengan hits ‘Love Me for a Reason’. Ronan Keating menyapa penonton yang masih setia menunggu penampilan mereka meskipun start saat memasuki pukul 23.00.
“Terima kasih sambutannya, sudah 25 tahun kami tidak ke sini setelah terakhir 1993. Luar biasa bisa tampil dengan layar belakang seperti ini (Candi Prambanan, Red),” ungkapnya lalu disambut tepuk tangan fans mereka.
Udara yang dingin coba mereka hangatkan saat tembang ‘I Love the Way You Love Me’ dan ‘Baby Can i Hold You’ coba mereka mainkan. Aksi panggung dengan sedikit koreo khas mereka menjadi penawar dahaga fans band yang populer awal 90-an itu. “Kami sangat tertarik datang ke sini. Ini negeri yang cantik, kesempatan luar biasa,” ujar Mikey Graham di sela-sela interaksi dengan penonton.

Lalu hits ‘All that I Need’ dan ‘No Matter What’ mengalun diiringi band yang mereka bawa. Keating kembali mengatakan, setelah perjalanan bermil-mil mereka senang sekali dengan sambutan meriah penonton.
“Kami tidak bisa sampai tahap seperti ini tanpa kalian para fans yang mencintai dan menghargai lagu dan penampilan kami,” katanya. Mereka lalu melanjutkan dengan single ‘You Needed Me’ dan hits populer ‘Words’.

Dalam kesempatan itu, mereka juga mendedikasikan lagu untuk mengenang salah satu personel mereka, yakni Stephen Gately yang meninggal Oktober 2009. Suara Gately saat menyanyikan ‘Gave It All Away’ dengan irama raggae diputar. “Dia punya suara yang merdu dan bagus,” kata Mikey.
Ya, selain Keating, Gately dikenal menjadi salah satu vokalis utama Boyzone. Kemudian berturut-turut mereka membawakan ‘Every Day I Love You’, ‘I Love the Way You Love Me’, ‘Ruby’, ‘Isn’t it a Wonder’ dan ‘Father and Son’. Selain itu, mereka juga mengenalkan tembang anyar kolaborasi Boyzone dengan Ed Sheeran yaitu ‘Because’ and ‘I Can Dream’.

Kejutan juga muncul setelah mereka mengundang gadis perempuan bernama Mischa berusia 15 tahun untuk diajak berkolaborasi. Mereka memainkan ‘No Matter What’ lalu diteruskan dengan ‘Who We Are’. Sebelum mengakhiri penampilannya, Keating sempat mengatakan bahwa pada November mereka akan melakukan rekaman album terakhir mereka sebelum memutuskan akan membubarkan diri tahun depan. Seketika, penonton merasa sedih.

Meskipun demikian, secara umum sebagian besar penonton puas dengan penampilan mereka. Seperti yang diungkapkan Amanda, 26, penonton asal Jakarta. “Gak rugi datang ke sini, secara umum puas lah, bisa sebagai hiburan. Meksipun harus kembali ke realitas besoknya. Penyelenggaraan juga bagus. Semoga tahun depan kalau ada lagi bisa nonton,” ujar pegawai swasta yang datang dengan pasangannya itu. (riz/laz/mg1)

Entertainment