RADAR JOGJA – Satu dekade perjalanan IdeaFest hadir dengan konsep yang selalu segar. Tahun ini melalui IdeaFest 2021, mengusung tema The Future of X. Pergerakan ini tetap fokus dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.

Sebuah kolaborasi insipratif tercermin dalam penyelenggaran IdeaFest 2021. Dengan menghadirkan lebih dari 150 tokoh inspiratif. Ternasuk didalamnya para musisi yang juga figur kreatif lintas industri. Berlangsung dari 18 November 2021 hingga 28 November 2021.

“Hadir pula para pembicara kelas internasional yang tentunya berbagi cerita serta pengalaman tentang hal-hal yang berkaitan dengan industri kreatif,” jelas Co-founder IdeaFest Ben Soebiakto dalam pertemuan secara daring, Kamis (25/11).

Ben menuturkan IdeaFest tak hanya hadir sebagai sebuah seremonial semata. Didalamnya juga menjadi wadah untuk pelaku industri kreatif yang tersebar di seluruh Indonesia. Bertujuan salah menginspirasi dengan berbagi pengalamannya masing-masing.

Sebagai festival kreatif terbesar di Indonesia, IdeaFest, lanjutnya, juga bekerjasama dengan pemerintah. Fokusnya dalam menjembatani antara pelaku industri kreatif dan khalayak umum. Sehingga pertemuan dan proses transfer ilmu berlangsung dengan  optimal.

“Industri kreatif itu salah satu penunjang ekonomi di Indonesia. Semoga IdeaFest 2021 dapat membantu membangkitkan semangat para pelaku kreatif untuk terus berkarya,” harapnya.

IdeaFest 2021 juga menghadirkan dunia virtual atau dunia metaverse yang dinamai Jagat. Konsepnya menjadi ajang pertemuan tanpa terikat waktu. Sehingga pengunjung tak akan ketinggalan pameran dari para seniman yang terlibat.

“Dengan mengunjungi www.jagat.live pengunjung dapat memasuki dunia virtual yang didesain sedemikian rupa untuk memajangkan dan mempertunjukkan karya-karya kreatif yang ikut serta meramaikan IdeaFest. Pengunjung bisa melihat artwork beserta deskripsinya dan juga link untuk membeli artwork jika berminat,” ujarnya. (om10/dwi)

Event