RADAR JOGJA – Sonjo bersama GM Production dan ID Photobook akan menggelar pameran virtual APD produksi pertama di Indonesia. Kegiatan ini diinisiasi Relawan Sonjo didukung GM Production, yang telah sukses mengembangkan virtual wedding dan Nikah Bareng Virtual pertama di Indonesia.

“Seluruh APD yang dipamerkan adalah produksi dari usaha mikro dan kecil (UMK) di DIJ,” ujar Ketua Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, UGM, sekaligus founder Sonjo, Rimawan Pradiptyo PhD, Selasa (28/7).

Ketua Departemen Ilmu Ekonomi
Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Rimawan Pradiptyo. (SONJO FOR RADAR JOGJA)

Dikatakan, kegiatan tersebut bertujuan menggerakkan roda perekonomian sesuai protokol Covid-19. “Upaya pembantu UMK meningkatkan kualitas APD. Mendukung DIY sebagai pusat produksi-inovasi alat kesehatan. Analisis kualitas APD (water resistance) dilakukan pakar Fakultas Farmasi UGM,’’ kata Rimawan.

Pameran virtual APD tersebut digelar daring pada Sabtu, 1 Augustus 2020, pukul 15.00 WIB. Untuk info link Zoom, hubungi Ibu Febby di nomor 0821-3791-3366. Digelar juga dengan sistem live streaming lewat Youtube, Facebook, dan Instagram.

“Kegiatan ini wujud terima kasih warga DIJ terhadap jerih payah tenaga kesehatan (nakes) di masa pandemi Covid-19. Peragawan dan peragawatinya adalah para nakes RSUP Dr Sardjito,’’ ujarnya.

Chief Executive Officer ID Photobook Rowdy Fatha, mengatakan ID Photobook akan mempersembahkan Album Memory Perjuangan Tenaga Medis sebagai garda depan penanganan Covid-19.

“Album ini akan diserahkan secara simbolik kepada Direktur RSUP Dr Sardjito dan Dekan FK-KMK UGM,’’ ujar Rowdy.

Pameran Virtual APD ini merupakan kegiatan awal sebagai upaya mendukung DIJ sebagai sentra produksi dan inovasi alat-alat kesehatan. Diharapkan acara ini akan disusul pameran virtual serupa untuk produk-produk inovasi alat kesehatan karya para inovator dari Jogjakarta.

“Virtual Fashion Show APD adalah upaya membantu UMKM tekstil yang memproduksi APD dan telah lolos sertifikasi agar mampu menembus jaringan baru untuk penjualan online untuk pangsa pasar lokal maupun international,’’ kata Rowdy.

Juga sebagai upaya menjaga kreativitas UMKM serta mood pelaku industri melakukan terobosan agar roda perekonomian bisa berputar kembali. “Virtual Fashion Show merupakan edukasi cara menjual agar UMKM siap menghadapi era New Normal,’’ katanya.

Diharapkan menaikkan jaringan penjualan UMKM APD untuk menembus pasar ekspor. Acara ini bakal diikuti beberapa Kedutaan Besar RI di luar negeri untuk membantu pemasaran APD di sana. (*/iwa/gp/ila)

Event