RADAR JOGJA – Terobosan, kata ini menjadi keharusan pelaku seni untuk mencari penghasilan di tengah wabah Corona. Tanpa terobosan, niscaya tidak akan memutar roda ekonomi para pelaku seni.

Demikian pula terobosan yang dilakukan Revo (PT Revolusi Teknologi Trans) dan Teh Sepeda Balap, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo Jawa Timur. Agar artis lokal Kabupaten Ponorogo tetap bisa mendapatkan penghasilan di saat pandemi, maka dibuat terobosan berupa konser virtual. Istimewanya, para penontonnya adalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hongkong dan Taiwan.

Acara tersebut, Konser Virtual Tombo Kangen, TKI di Hongkong dan Taiwan dengan Masyarakat Ponorogo. Berlangsung Minggu, 12 Juli 2020, pukul 09.00 WIB bertepatan dengan pukul 10.00 (waktu Hongkong dan Taiwan). Disiarkan melalui aplikasi Zoom dan Youtube selama sekitar dua jam. 

Konser dangdut virtual tombo kangen tersebut didukung Revo (Revolusi Ojek Online) dan Teh Sepeda Balap, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo. Para pemain musik dangdut akan siaran live di Studio GM Production di Yogyakarta. Sedangkan para penyanyi tampil di Ponorogo. Sedangkan penontonnya ada di Hongkong dan Taiwan.

‘’Para penyanyi yang akan tampil virtual dari Ponorogo tersebut di antaranya Agustino, Wenzhu Andriana, Ratna Antika, dan Irene Gea. Bupati Ponorogo Drs H Ipong Muchlissoni dan Presiden Direktur Revo Abraham Lembang akan ikut menyanyi juga dari Ponorogo,’’ kata Mitra Wilayah PT Revolusi Teknologi Trans di Ponorogo, Fira Sarasmitha.

Penonton (TKI di Hongkong dan Taiwan) yang ingin berinteraksi via Zoom bisa mendapatkan link Zoom dengan membeli tiket seharga Rp 75.000. Pembelian tiket dilakukan online melalui tiketapasaja.com. Penonton juga bisa menyaksikan acara Konser Virtual Tombo Kangen, TKI di Hongkong dan Taiwan dengan Masyarakat Ponorogo secara free (gratis) melalui Channel Youtube.

‘’Harapan kami, saat bergabung dan berinteraksi di Zoom, para pahlawan devisa di Hongkong dan Taiwan tersebut bisa ikut nyanyi. Bahkan bisa request lagu seperti halnya saat pentas di panggung,’’ kata Fira. 

Untuk mendapatkan link Youtube, download aplikasi Revo (bit.ly/virtualconcert_freeticket2020). Lalu masukkan kode referal registrasi 2000014961. ‘’Kami akan kirimkan link Live Streaming Youtube ke nomor Whatsapp yang sudah terdaftar di aplikasi Revo Anda,’’ ujar Fira. (*/iwa/gp)

Event