RADAR JOGJA – Event seni terbesar di Jogjakarta, Art Jog, tahun ini tidak akan terlaksana. Event yang harusnya diselenggarakan pada 23 Juli-30 Agustus 2020 ini diundur hingga tahun 2021.

Publication Manager Amelberga Astri P mengatakan, menanggapi kondisi terkini akibat pandemi Covid-19 di beberapa negara, terutama Indonesia, Heri Pemad Manajemen (HPM) selaku penyelenggara Art Jog, memutuskan untuk menunda pelaksanaannya.

”Keputusan ini kami ambil setelah melakukan serangkaian diskusi. Penyelenggaraan ARTJOG MMXX: Arts in Common – time(to)wonder yang rencananya berlangsung pada 23 Juli – 30 Agustus 2020, kami undur hingga 2021,” tandasnya dalam pers rilis yang dikirimkan kepada Radar Jogja, Selasa (21/4).

Dia mengungkapkan, Art Jog tahun 2020 akan hadir dalam format berbeda, dengan tetap mengikuti imbauan dan aturan pemerintah mengenai penyelenggaraan acara pasca masa tanggap darurat bencana COVID-19.

Art Jog juga masih percaya bahwa para perupa adalah kelompok sosial yang tidak pernah mengenal kata menyerah di hadapan krisis. Sejarah telah membuktikan bagaimana karya-karya seni besar justru dapat lahir di tengah berbagai situasi krisis kemanusiaan yang pelik.

Karena itu pula, saat ini manajemen HPM dan tim kurator Art Jog tengah menggodog ide-ide baru untuk menghelat sebuah kegiatan khusus yang tetap akan dilangsungkan pada tahun ini. Kegiatan ini bertujuan menggambarkan bagaimana kreativitas para seniman tidak serta-merta mati dihantam krisis. Rincian program Art Jog edisi khusus ini akan segera diluncurkan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Krisis ini tidak akan selamanya melahirkan pesimisme dan suasana muram durja belaka, karena selalu ada secercah cahaya di tengah kegelapan. Untuk itu, Art Jog ingin menyeru kepada semua mari terus bekerja dan berdoa, untuk indonesia dan dunia yang lebih baik. (ila)

Event