RADAR JOGJA – Artotel Jogjakarta kembali bekerja sama dengan seniman lokal untuk menampilkan hasil karya seninya di Artspace. Kali ini dengan sebuah komunitas yang bergerak dalam karya fotografi Kelas Pagi Yogyakarta (KPY) melalui pameran fotografi bertajuk “Ragamanungsa”. Digelar mulai 12 Februari hingga 5 April 2020.

Pameran ini menampilkan beberapa karya fotografi yang mengeksplorasi tubuh dan bermacam filosofi yang ada pada diri manusia. Seperti wajah, ekspresi, tubuh, gerak maupun latar belakang manusia itu sendiri dan masih banyak hal. Seolah tidak pernah cukup bagi manusia untuk mengeksplorasi dirinya.
Foto-foto tersebut merupakan karya lima fotografer KPY angkatan ke-8 yakni Alfian Widiantono, Yohannes Paulus, Adit Z, Gevi Noviyanti, dan Fay Shahaniya.

Adit Z mengatakan, persiapan yang dilakukan tidak lama. Apalagi foto yang dia pamerkan merupakan proyek pribadinya di tahun 2015. Bercerita tentang ragam gerak tari, olahraga, dan fesyen.

“Persiapan kami singkat, belum lagi untuk angkatan ke-8 kami hanya diberi kelas selama 3 bulan, padahal angkatan lain bisa 1,5 tahunan,” jelas Adit.

General Manager ARTOTEL Jogjakarta Kusnadi mengatakan, sebagai hotel yang mengusung konsep seni kontemporer Indonesia, pihaknya akan selalu menyelenggarakan pameran seni secara rutin di ARTSPACE yang berada di lobi hotel. Pameran yang diselenggarakan tidak hanya berupa pameran seni rupa, karena seni kontemporer Indonesia juga mencakup dalam bentuk/media lain seperti fotografi, patung, instalasi, dan lainnya.

“Kami berharap para tamu hotel dan para antusias fotografi di Jogjakarta dapat datang dan menikmati pameran fotografi yang kami selenggarakan dengan sepuasnya dan kapan saja tanpa dipungut biaya apapun,” ungkapnya.

Komunitas Kelas Pagi Yogyakarta sendiri digagas oleh Anton Ismael & Nana Je Justina sejak 2009. Berperan memberikan kontribusi secara sosial dan akademis dalam dunia fotografi. Kepala sekolah KPY Cak Ncop mengatakan pihaknya akan membuka kelas untuk angkatan ke-9.

“Permintaan cukup banyak, jadi akhir bulan ini kami membuka kelas baru,” ujarnya. (*/tif)

Event