RADAR JOGJA – Sebanyak 2000 mobil Volkswagen (VW) segala tipe nampang di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (9/11). Mobil – Mobil tua keluaran Jerman tersebut hadir meramaikan Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2019 yang digelar selama dua hari sejak Sabtu hingga Minggu (10/11).

Ketua Pelaksana JVWF 2019 Tjahjo Widjodjono mengatakan Jogja Expo Center (JEC) sukses diubahnya menjadi surganya para peminat dan penikmat Volkswagen.

Tercatat berbagai komunitas dari banyak daerah dalam maupun luar negeri hadir membawa mobil kebanggaannya masing-masing. “Memuaskan sekali. Ada sekitar 15 negara yang hadir,” katanya.

Saat ditemui Tjahjo menyebutkan beberapa negara dari kawasan ASEAN yang hadir di antaranya Singapura, Brunei, Malaysia, Philiphina, Thailand, Timor Leste dan Vietnam.

Sementara dari negara Eropa ada Inggris, Prancis, Belgia, Belanda, Swiss dan Jerman.

“Ada juga dari Asia di antaranya India, Jepang, dan Australia. Negara Amerika juga. Indonesia pasti,” ujarnya.

Event dua tahunan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Gubernur DIJ, Paku Alam X. Mengusung tema Soul of A Hero, Jogja Volkswagen Festival (JVWF) tahun ini tetap mempertahankan konsep dasar pelaksanaan yakni menggabungkan kontes mobil-mobil VW, panggung musik dan kuliner.

“Kami menghadirkan Endank Soekamti Sabtu malam (9/11). Gongnya nanti ada Lord of Broken Heart Pakde Didi Kempot,” imbuhnya.

Selain itu Penyelenggaraan JVWF 2019 juga bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional. Hal ini dianggap mewakili semangat JVWF dalam mempertahankan cita-cita agar Jogja dan Indonesia lebih dikenal di dunia, khususnya dalam event yang berkaitan dengan Volkswagen (VW) klasik maupun kustom.

“Dipastikan JVWF tahun ini akan menampilkan sesuatu yang menarik dan berbeda,” imbuhnya. (sky/naf)

Event