RADAR JOGJA – Kustomfest kembali digelar tahun ini di Jogja Expo Center (JEC). Acara yang sudah memasuki tahun ke-8 ini akan bergulir pada 5 dan 6 Oktober mendatang. Untuk event tahun ini, Kustomfest mengusung tema besar Back to The Roots atau yang secara khusus diartikan mengembalikan akar budaya meneruskan karya.

Dipilihnya tema besar itu bukan tanpa alasan. Lulut Wahyudi selaku Director Kustomfest 2019 terinspirasi dari kondisi terkini Tanah Air. “Dengan slogan kami tahun ini kami ingin membawa pesan untuk mengajak masyarakat kembali ke akar budaya kita dan tidak masalah dengan perbedaan yang ada,” ujar Lulut dalam sesi jumpa pers di Gadri, Royal Ambarrukmo Plaza, Sabtu (28/9).

Untuk edisi tahun ini, ada beberapa acara pendukung yang sangat menarik. Salah satunya adalah adanya Flat Track Race yang untuk pertama kali diadakan di Kustomfest. Flat Track Race sendiri adalah balapan sepeda motor di trek tanah yang dikeraskan. Selain itu, panitia Kustomfest 2019 juga menghadirkan beberapa bintang tamu internasional. Salah satunya adalah jagoan kustom dari Jepang, Toshiyuki Osawa atau yang akrab disapa Cheetah.

Kemudian, berbagai program rutin yang sebelumnya sudah ada di Kustomfest tetap diselenggarakan pada gelaran tahun ini. Diantaranya ada Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Prinstripe Carnival, Body Art Show, Art Island, Kustom Bicycle, Diecast Show, Photo Kontest, Stuntrider, BMX Arena, dan Paint Battle akan tetap ada.

Menariknya, di gelaran Kustomfest tahun ini juga ada penampilan Lord of Broken Heart, Didi Kempot. Selain Didi Kempot ada juga Seringai, Jogja Hip-Hop Foundation, Suicidal Sinatra, Something Wrong, The Sleting Down, Kasino Brothers, dan X60 Jaran.

Menurut dia, Didi Kempot adalah simbol bahwa musik bisa menyatukan berbagai elemen. “Mas Didi adalah musisi yang sedang naik daun lagi dan karya-karyanya juga luar biasa,” tutur Lulut.

Kustomfest 2019 bekerja sama dengan banyak pihak, salah satunya adalah dengan The Ambarrukmo. Marketing & Communications Manager, Khairul Anwar, The Ambarrukmo ingin terus melanjutkan kepedulian mereka dengan berbagai komunitas termasuk di dalamnya tentu saja komunitas pecinta otomotif. “Lagipula tema besar Kustomfest 2019 juga sangat dekat dengan kami, yakni bagaimana menjaga akar budaya,” ungkapnya. (cr12/pra)

Event