JOGJA – Becik Nitik Negara Ketata. Itu adalah tajuk yang diangkat dalam acara 100% Indonesia Nyoblos di Stadion Mandala Krida Jumat (22/3). We The Youth selaku penyelenggara berkolaborasi dengan Komunitas Gayam 16 menghadirkan musisi-musisi hits Jogja seperti Shaggydog, Jogja Hiphop Foundation, FSTVLST, Bravesboy, NDX, dan Rakitikar. “Lewat kegiatan ini kami ingin mengajak anak muda untuk menggunakan hak pilihnya, terlebih suara pemuda dalam pesta demokrasi nanti sangat besar. Jangan sampai golput,” ujar Executive Director We The Youth Ratu Dyah Ayu Widyasari.
Menurut data DPT Pemilu 2019 dari KPU tercatat 17.501.279 merupakan pemilih muda. Mereka berusia kurang dari 20 tahun. Sedangkan 42.843792 adalah pemilih berusia 21-30 tahun.

Ketua Panitia 100% Indonesia Nyoblos Jogja Ari Wulu menambahkan, sangat disayangkan jika potensi suara sebesar itu dan memiliki pengaruh besar terhadap sistem politik kenegaraan terbuang sia-sia.”Hanya karena mereka tidak peduli dan tidak paham soal pesta demokrasi ini,” papar Ari.
Dia berharap, dengan kegiatan seni yang menyasar anak muda ini dapat mengedukasi para pemilih pemula untuk menjadi pemilih cerdas yang mengetahui dan paham siapa orang yang akan dipilih, programnya seperti apa, apakah mampu menjalankan program, dsb. Juga yang paling penting bisa menciptakan situasi pemilu damai. “Anak muda ini harus sadar punya hak suara. Jangan takut untuk belajar tentang politik,’’ tuturnya.

Salah satu musisi yang hadir NDX pun ikut memberikan komentarnya. Diwakili Yonanda, acara ini dinilai sangat tepat untuk menggaet anak muda agar mau menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 17 April 2019 mendatang.”Sebagai anak muda saya juga ingin menginspirasi anak muda lainnya untuk bisa ikut menentukan nasib bangsa ke depan,’’ ungkapnya.
Panitia juga menghadirkan sejumlah booth games, berbagai merchant, dan kegiatan menarik lainnya yang bisa diikuti pengunjung.(ita/din/mg4)

Event