JOGJA – Hari Difabel Sedunia pada 3 Desember sudah diperingati oleh Komunitas Give Your Heart dan Pusat Rehabilitasi YAKKUM dengan menggelar pentas seni. Acara yang digelar Sabtu (1/12) ini sebagai upaya penyadaran masyarakat umum akan hak-hak kaum disabilitas.

Acara yang bertema ”Pentas Seni Inklusi : Givity and Kindity 2018” ini dimeriahkan oleh para seniman. Mereka tampil dan unjuk gigi. Mereka menari, teater dan masih banyak lagi. Bertempat di Plaza Pasar Ngasem, acara ini juga menyediakan stan-stan hasil karya teman-teman penyandang disabilitas. Kreasi tote bag, batik dari tuna laras, barista dari tuna daksa, dan karya lukisan.

Panitia acara Vivi Apriliyani mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk mematahkan stigma negatif dan memahami kebutuhan difabel. ”Mereka masih dipandang sebelah mata,” ungkap Ketua Komunitas Give Your Heart itu.

Dia juga mengungkapkan, saat ini aksesibilitas untuk penyandang disabilitas masih kurang memadai, mulai dari fasilitas umum dan juga kebijakan pemerintah yang belum berpihak pada kaum difabel.

Pengelola YAKKUM Rani Ayu Hapsari mengungkapkan, kegiatan ini digelar untuk mengkampanyekan inklusi sosial untuk menghilangkan strereotype  buruk di masyarakat umum.

Dia juga berharap, acara yang digelar dengan suasana outdoor ini dapat mendekatkan masyarakat dengan kaum difabel serta melihat karya dan juga penampilan mereka. ”Kami juga berharap mereka bisa menghargai perbedaan,” ungkapnya. (mg7/ila)

Event