BERBAGI: Nonton bareng dan pemberian santunan bersama Yayasan Panti Asuhan Sinar Melati Sleman di Cinema XXI Plaza Ambarrukmo, Selasa (5/6). (WAHYU METASARI/RADAR JOGJA)

JOGJA – Ramadan dimanfaatkan oleh sejumlah perusahaan untuk berbagi kepada sesama, tak terkecuali oleh RS JIH.

Berbeda dengan pemberian santunan pada umumnya, di mana biasanya anak-anak panti diajak mendengarkan tausiah, kali ini mereka justru diajak untuk menonton film keluarga berjudul Iqro. Film yang dirilis 2017 ini dinilai relevan untuk dan meningkatkan motivasi serta menginspirasi anak-anak dari sisi pengetahuan alam dan semangat membaca Alquran.

Direktur Utama RS JIH dr Mulya Hartana mengungkapkan, film ini sangat baik sekali untuk perkembangan dan pengetahuan anak. Karena selain memberikan gambaran mengenai apa itu alam semesta dan implementasinya dalam Al- Quran mereka akan diajak untuk berpetualangan religi.
“Mumpung bulan puasa. Ini bulan baik, kami berharap mereka yang menonton film ini dapat meningkatkan keimanan mereka sekaligus meng-upgrade ilmu pengetahuannya,” tutur dokter yang kerap disapa dr Mulya di sela acara Nonton Bareng dan Pemberian Santunan Bersama Yayasan Panti Asuhan Sinar Melati Sleman di Cinema XXI Plaza Ambarrukmo (Amplaz), Selasa (5/6).

Sebanyak 100 anak dari Yayasan Panti Asuhan Sinar Melati mengikuti kegiatan ini. Mereka terdiri dari Yayasan Panti Asuhan Sinar Melati Turgo Merapi, Yayasan Sinar Melati Lempong Sari Jalan Palagan, dan Yayasan Sinar Melati Condong Catur.

“Sebagaimana pilar ke tiga dari RS JIH yakni pemberdayaan umat, kami merasa memiliki kewajiban untuk memberikan sedikit penghasilan untuk mereka yang membutuhkan seperti anak-anak yatim piatu dan pondok pesantren,” ujarnya.

Menurutnya, tiga pilar utama pendidikan, bisnis, dan pemberdayaan umat dinilai dapat memperkuat yayasan.

“Pemberian santuan ini merupakan bagian dari pemberdayaan umat dengan menyisihkan sedikit penghasilan bagi mereka yang membutuhkan lewat badan wakaf,” jelasnya.

Dia menyebutkan, adapun santunan yang diberikan yakni berupa uang tunai, peralatan sekolah seperti buku, pensil, dan tas. Selain itu JIH juga memberikan santunan berupa dana operasional pembangunan dan keperluaan yayasan.

“Kami juga menggelar pasar murah di kompleks rumah sakit beberapa waktu lalu, pemberian free takjil bagi karyawan dan tamu rumah sakit dengan total 600 takjil setiap harinya, dan beberapa kegiatan religi yang berpusat di Masjid rumah sakit,” tuturnya.

Sementara itu Perwakilan Yayasan Panti Asuhan Sinar Melati Ustad Jabir mengucapkan terima kasih atas santunan yang diberikan. “Semoga apa yang diberikan JIH dapat bermanfaat bagi semua. Baik itu anak-anak ataupun yayasan,” ungkapnya. (sce/met/ila/mg1)

Event