RADAR JOGJA – Universitas Widya Mataram (UWM) terus mengepakkan sayapnya. Selama 39 tahun, kegiatan pelayanan pendidikan, perkuliahan, dan ekstrakurikuler dipusatkan di Kampus I nDalem Mangkubumen KT III/237, Jalan Dalem Mangkubumen, Kadipaten, Kraton, Kota Jogja. Kini sudah berdiri Kampus II di kawasan bisnis di lantai 1 Jogja Citi Mall Jalan Magelang KM. 6 Sleman. Juga sedang membangun Kampus III Jl. Tatabumi Selatan, Banyuraden, Gamping, Sleman.

Rektor UWM Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec, UWM mendedikasikan kampus baru yang memadai bukan sebatas simbolik kemegahan fisik, modernitas, dan kenyamanan. ”Gedung megah ini menjadi sentral mendidik para calon pemimpin nasional masa depan yang berbudaya adiluhung,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kampus I di lingkungan keluarga inti Kraton Jogja menjadi saksi sejarah UWM berdiri, bergerak, dan maju serta terus eksis sampai hari ini. Kampus sangat klasik dan unik ini, dibangun pada 1865, oleh keluarga besar Pangeran Adipati Anom Hamengkunegoro (Putra Mahkota Sri Sultan Hamengku Buwono VI). Karena itu, disebut Dalem Kadipaten. Usai Pangeran Adipati menjadi Sri Sultan Hamengku Buwono VII, kompleks ini dihuni adiknya, GPH Mangkubumi, maka disebut . Sejak dihuni adik kandung raja Kesultanan VII tersebut, sebutan Dalem Adipati berubah menjadi Dalem Mangkubumen, yang terdiri dari bangunan Sriwedari (1874), Bangsal Prabayeksa (3 Februari 1876- 1877), dan Dalem Mangkubumen. Kompleks terakhir itu pernah  menjadi kampus Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (1949 – 1982). Kemudian kampus UWM sejak Kamis Legi 7 Oktober 1982, yang dideklarasikan Sri Sultan Hamengku Buwono IX bersama Putra Mahkota KGPH Mangkubumi (Sri Sultan Hamengku Buwono X).

Sejalan dengan perkembangan selanjutnya, berdirilah Kampus II di kawasan bisnis di lantai 1 Jogja Citi Mall Jalan Magelang KM. 6 Sleman. Yang digunakan untuk gedung kuliah bersama program studi bisnis kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Civitas akademika mengidentifikasi arena perbelanjaan modern itu sebagai Kampus II.

“Di tempat ini mahasiswa bisa mendalami teori-teori tentang bisnis, kewirausahaan, manajemen, pemasaran, komunikasi sekaligus mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di kelas,” jelasnya.

Untuk mengembangkan kampus modern berbasis teknologi informasi yang memiliki fasilitas perkuliahan dan kegiatan ekstrakurikuler yang memadai, UWM sedang membangun Kampus III Jl. Tatabumi Selatan, Banyuraden, Gamping, Sleman. Saat ini dalam proses penyelesaian pembangunannya. Berada di atas lahan seluas 26.209 meter persegi, gedung baru itu terdiri dari fasilitas kantor, ruang perkuliahan, fasilitas pendukung seperti perpustakaan, café dan kantin, amphitheater, sport hall dan religius center.

Fasilitas lainnya Pendopo UWM yang merupakan replika Pendopo Agung nDalem Mangkubumen menjadi sentral aktivitas akademik para mahasiswa berdiskusi, kegiatan kampus. “Pendopo bisa diakses oleh masyarakat untuk kegiatan publik dengan berbagai fasilitas yang nyaman,” tuturnya.

Proses pembangunan diawali dengan peletakan batu pertama pada 5 September 2021, bertepatan dengan Amanat 5 September 1945 yaitu bergabungnya Jogjakarta dengan NKRI. Tahap pertama dengan fokus mendirikan gedung rektorat dan pendopo.  Gedung rektorat tiga lantai, mencakup 28 ruang perkantoran di atas lahan 15.000 meter persegi, tiga lantai bangunan seluas 2.520 meter persegi.

Pendopo Agung UWM luas 32 x 33 (1.056 meter persegi), gerbang kampus, area parkir, dan taman dengan luas 5.000 meter persegi. Bangunan utama kampus baru itu ditargetkan selesai dan diresmikan pada 5 September 2022. Di balik bangunan gedung baru mengendap misi pendidikan UWM. Dengan tagline “Kampus Berbasis Budaya”,  para pendiri menjadikan pendidikan sebagai sebuah seni untuk membuat mahasiswa cerdas dan berkarakter.

Ketua Yayasan Mataram Jogjakarta sekaligus Menteri Koordinator Politik, Hukum,dan Keamanan Prof.Dr. M. Mahfud MD menarasikan universits ini hadir untuk mencetak kader bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki jati diri budaya adiluhung. UWM memiliki empat fakultas, dengan dukungan sepuluh program studi, yang didukung oleh sumber daya dosen yang memiliki kualifikasi master/magister dan doktor.

Prodi Manajemen, Akuntansi, Kewirausahaan, Hukum, Administrasi Publik, Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Arsitektur, Teknik Industri, Teknologi Pangan. Instagram @pmbuwm – https://instagram.com/pmbuwm?utm_medium=copy_link Web uwm : http://new.widyamataram.ac.id/. Info PMB : 082244347597. (sce/ila)

Campus Expo