RADAR JOGJA – Para mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) berhasil membuktikan bahwa pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu bukanlah penghalang untuk mengukir prestasi. Menutup akhir 2021 lalu, melalui para delegasinya, FK UII berhasil mengukir banyak prestasi juara di tingkat nasional.

Hal ini tentunya kian menegaskan predikat FK UII sebagai salah satu FK terbaik di Indonesia. Tidak hanya terakreditasi A untuk Program Studi Kedokteran dan Program Studi Profesi Dokter, mahasiswa FK UII juga membuktikan diri mampu bersaing dengan berbagai FK dengan nama besar di Indonesia dalam hal prestasi di bidang ilmiah.

Ketua Unit Promosi dan Kerjasama dr Dimas Satya Hendarta menjelaskan, dalam rentang waktu Maret 2020 hingga Desember 2022, tercatat 29 gelar juara nasional berhasil diboyong mahasiswa FK UII dari kompetisi-kompetisi ilmiah yang diselenggarakan oleh berbagai kampus dan instansi ternama di Indonesia secara daring. Beberapa prestasi tersebut antara lain Juara 1 Nasional Esai Ilmiah EXIT MRC 2020 FK Universitas Andalas, Juara 1 Nasional Essay Ilmiah HSF 2020 FK Universitas Hasanuddin, Juara 2 Nasional Esai Ilmiah AMSW 2020 FK Universitas Airlangga. Juga Juara 1 Nasional Esai Ilmiah MEDSMOTION 2020 FK Universitas Negeri Sebelas Maret, Juara 1 Nasional Poster Publik MVC 2020 FK UPN “Veteran” Jakarta, Juara 2 Nasional Poster Ilmiah Interfaculty Medical Scientific Competition 2020.

Mahasiswa FK UII juga berhasil meraih Juara Favorit Poster Publik Temu Ilmiah Nasional 2020 Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia, Juara 1 Nasional Poster Publik JAYSCO 2021 FK Universitas Jenderal Achmad Yani, Juara 2 Nasional Literature Review SRF 2021 FK Universitas Sumatra Utara, Juara 1 Nasional Esai Ilmiah ISMC Vol. 5 FK Universitas Muslim Indonesia. Serta meraih Juara 2 Nasional Video Edukasi MEDJONSON 2021 FKIK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Novice Runner Up Jogja Debating Forum Open 2021, Juara 2 Nasional Lomba Poster Ilmiah SCOPH CIMSA FK Universitas Sumatera Utara, Juara Favorit Poster Publik Perhimpunan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia (PTBMMKI) Cup 2021.

“Selain itu, juga meraih Juara 2 Nasional Poster Publik Emergency Medical Competition 2021 PTBMMKI Wilayah I, Novice Champion and Silver Medal Best Speaker National University Debating Championship 2021 PUSPRESNAS Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, dan Juara 1 Nasional Video Edukasi AMSW 2021 FK Universitas Airlangga,” ujarnya.

Menurut mahasiswa FK UII angkatan 2017 Mochamad Afifudin, keberhasilan para mahasiswa FK UII dalam menorehkan berbagai prestasi membanggakan di era pandemi tersebut tidak dapat dilepaskan dari peran dan pola didik yang diterapkan fakultas. Menurutnya, sejak awal, mereka dididik menjadi mahasiswa yang berpikir kritis, serta dilatih dapat menyaring informasi yang masuk dan apa yang hendak dilakukan kedepannya.

”FK UII juga selalu memberikan peluang untuk mengembangkan bakat dan minat para mahasiswanya, di mana kami memiliki ruang untuk lebih mengembangkan soft skill yang dimiliki dengan dibimbing langsung oleh para dosen yang kompenten,” jelas Afifudin yang berhasil mencetak brace dengan meraih Juara 1 Nasional Esai Ilmiah di EXIT MRC 2020 FK Universitas Andalas dan HSF 2020 FK Universitas Hasanuddin.

Dia mengungkapkan, hal tersebut membuat para mahasiswa FK UII terbiasa untuk menciptakan solusi atas segala problema selama pandemi. Berbagai persiapan kompetisi dan penyusunan karya dilakukan dengan koordinasi secara daring antar delegasi, termasuk konsultasi dengan para dosen pembimbing. Fasilitas zoom meeting dengan kuota unlimited yang disediakan UII bagi para civitas akademikanya pun sangat menunjang proses tersebut hingga dapat menghasilkan berbagai karya ilmiah yang dapat menjuarai berbagai kompetisi bergengsi tersebut.

Berbagai raihan selama pandemi tersebut sekaligus kian mengukuhkan “Tradisi Prestasi Tiada Henti” yang dimiliki FK UII dalam 4 tahun terakhir. Dari medio Januari 2017 hingga Desember 2021. Tercatat 81 prestasi juara-award tingkat nasional dan 25 prestasi juara-award tingkat internasional yang mengharumkan nama almamater dan Indonesia, telah ditorehkan para mahasiswa FK UII. (*/ila)

Campus Expo