JOGJA – Memperingati hari ulang tahun yang ke-45, SMAN 8 Jogjakarta kembali menggelar Lustrum ke-9, Selasa (26/2). Dimulai dengan Platinum Cheerleading Competition 2019 yang bertempat di atrium Ambarrukmo Plaza.

Sebanyak sembilan tim cheer yang berada di wilayah DIJ dan Jawa Tengah ikut berpartsipasi. Hadirnya lagi salah satu kompetisi cheer di Jogjakarta berhasil mendapatkan animo yang besar dari masyarakat.

”Tahun kemarei sudah diadakan, jadi tahun ini harus dilaksanakan lagi. Tempatnya juga masih sama di Amplaz. Yang bikin beda tahun ini ada beberapa penampilan seru dari guest star,” ujar Koordinator Platinum Cheer Competition Anggitha Ayu F.P.

Kompetisi ini terbagi dalam tiga kategori atau level. Mulai dari level empat, level lima, dan level enam. Masing-masing kategori hanya diambil satu tim sebagai juara. Selain itu ada juga kategori tim terfavorit, penonton yang menentukan.

”Untuk tahun ini dari panitia membuat empat kategori juara. Tiga Juara dari setiap levelnya dan satu juara terfavorit. Kami mempercayakan penilaian kepada The A Team Cheerleading Indonesia Jogjakarta,” ucap Anggitha.

Juri dari The A Team Bimo Raka P mengatakan, ada beberapa poin penting yang dinilai oleh juri. Mulai dari kekompakan, formasi, transisi sampai ekspresi wajah. Selain itu faktor keselematan anggota tim juga jadi poin penentu.

”Penilaian yang dilakukan tim juri melihat dari segala aspek. Kesulitan tiap masing-masing level berbeda. Yang penting selalu safety sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Banyak kejutan terjadi di kompetisi tahun ini. Tim cheer terfavorit jatuh kepada Tim Blitz dari SMA Bopkri 1 Jogja. Sedangkan pemenang kompetisi cheer di level 4 diraih oleh Tim Almighty dari SMP Pangudi Luhur 1 Jogja. Pemenang di level 5 diraih oleh Tim Cheer SMA Pangudi Luhur Van Lith. Lalu Tim Chameleon dari SMAN 1 Depok berhasil menjadi pemenang di level 6.

Kapten Tim Chameleon dari SMAN 1 Depok Margaretha Yuandita Putri mengaku tak menyangka bisa menang di level 6. ”Kami memberikan hal yang maksimal ketika tampil. Persiapan rutin dilakukan selama satu bulan sebelumnya. Bersyukur banget bisa menang tahun ini,” jelasnya.

Mendapatkan animo yang besar dari masyarakat, membuat Platinum Cheerleading Competition 2019 berjalan sukses. Kompetisi cheer di Kota Jogja sendiri tidak terlalu banyak. Timbul harapan untuk semakin sering diadakannya kompetisi cheer di Kota Jogja. Selain untuk hiburan dirasa perlu untuk memperkenalkan cheer sebagai cabang olahraga ke masyarakat luas. (sce/san/ila)

Ekspresi