Buka Usaha Apa Ya?

PERNAH enggak punya keinginan buat beli sesuatu tapi enggak kesampaian gara-gara kondisi dompet menipis, dan tabung-an udah kosong? Nah, kalo pernah ngalami yang kayak gitu, ato bahkan sering banget, berarti kamu sekarang udah saatnya mi kirin jalan baru. Mulai mikir cara buat nambah uang jajan tanpa harus membebani ortu. Sekalian belajar mandiri dong. Masa iya sih seusia kita-kita bisanya cuma minta, minta, dan minta ama ortu.Sambil sekolah, enggak ada salahnya kalo punya pemikiran buat nambah uang jajan. Yang penting tetep jujur dan halal hehee… Karena sebenernya ada banyak cara yang bisa ditempuh. Apalagi kita tiap hari dateng ke sekolah, dan ketemu ama banyak orang. Karena dengan begitu akan lebih mudah promosi ato nawarin usaha baru yang tengah kamu rintis.Jangan mikir ribet , yang penting usaha itu bisa kamu jalani, sesuai passion ato kemampuan kamu.
Seperti sahabat kita dari SMAN 2 Ngaglik, Zulfi Kusuma, doi ternyata belajar mandiri nyari uang jajan tambahan dari hobi.”Ikut bantuin pelatih basket aku ngelatih ke beberapa SMP di sekitar Sleman. Selain dapet ilmu juga dapet tambahan uang saku. Karena sebagai anak paling tua, aku juga harus membantu meringankan beban orang tua,” cerita Zulfi.Nah, beda lagi ama Nur Muhlis Purnawan dari SMAN 3 Jogja. Muhlis ngelihat pe luang bisnis paling oke dengan cara jualan pul-sa di sekolah. “Banyak temen yang me-nyambut baik usahaku jualan pulsa. Karena banyak temen butuh, apalagi kalo lagi kepepet,” katanya.
Kalo bicara soal modal, menurut Juliana Mardika dari SMA Bopkri 2 Jogja sebener-nya bukan soal uang, tapi lebih pada mo-dal kesabaran. “Apalagi kalo jualan di sekolah, pasti yang beli temen sendiri. Kebanyakan kalo ama temen deket, ma-salahnya mereka lebih sering ngutang. Jadi modal utamanya memang kesabaran,” ungkap Juliana sambil nyengir.Selain itu, cari tambahan uang jajan ter-nyata banyak keuntungannya juga loh. Bukan cuma keuntungan financial, tapi lebih dari itu. Ada sesuatu lebih besar bisa didapetin dari jualan di sekolah.
Se-tidaknya itu statement Dinda Kamila siswi SMA Budi Mulia Dua.”Bisa makin menghargai uang dan eng-gak boros, karena bisa ngerasain susah-nya dapet uang. Selain itu, juga melatih siswa memiliki jiwa optimistis, pantang menyerah, dan ulet. Selama dilakukan dengan cara yang bener, cobalah untuk belajar hidup mandiri, mengurangi ketegantungan dengan orang tua,” pesannya. (ata/man/ong)

Ekspresi