MESKI kadang bikin boring, pelajaran Kewarganegaraan ato yang lebih dikenal dengan nama PPKn ternyata banyak manfaatnya. Bahkan, bisa dibilang belajar PPKn itu bisa jadi bekal dalam menjalani hidup dalam bermasyarakat dan juga bernegara. Di bangku sekolah, baik sekolah dasar, menengah dan sekolah atas, pelajaran ini terlampau banyak mempelajari teori. Cara bela negara, cara menghargai sesama. Tapi esensi yang paling penting adalah mengaplikasikannya. Kalo hafal teori aja enggak tau aplikasinya ya nothing banget.
Pelajaran PPKn merupakan pelajaran yang paling logis buat diaplikasikan di kehidupan nyata. Karena di sana kita belajar tentang gotong royong, tenggang rasa untuk saling menghargai satu dengan yang lain. Action simpel ya kalo temen lagi sakit terus kita jenguk. Cara berbicara dan menghargai pendapat terhadap sesama maupun yang lebih tua, ini merupakan salah satu aplikasi dari pelajaran PPKn.
Enggak hanya itu, belajar PPKn berperan penting juga dalam membangun karakter pelajar sebagai calon penerus bangsa. Sikap berlaku jujur, terbuka, toleransi dan lainnya. Karena beban negara ada di pundak kita. Dengan mempelajari PPKn berarti kita turut serta memupuk kesadaran bela negara.
(mey/man)

Ekspresi