RADAR JOGJA – Sebanyak 728 peserta hadir di Puncak Acara Festival Vokasi Satu Hati (FVSH) 2022 yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) secara daring pada Selasa, (19/4). Mereka menjadi saksi para guru, siswa dan SMK yang meraih penghargaan pada puncak acara dari beragam rangkaian kegiatan selama Januari hingga April 2022 ini.

FVSH yang bertajuk “Raih Prestasi Bersama Vokasi” menjadi salah satu upaya AHM untuk terus bersinergi dengan dunia pendidikan dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan siap terjun di dunia kerja.

Apresiasi diberikan kepada seluruh pemenang pada ajang kreativitas bagi guru melalui Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru dan Vocational Video Challenge bagi siswa/siswi. AHM juga memberikan apresiasi bagi sekolah atas kinerja pengelolaan sekolah yang mengaplikasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda pada gelaran National Assesment for SMK 2022. Seluruh rangkaian kegiatan FVSH 2022 ini diikuti oleh 2.112 guru, 712 siswa dan 783 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Gelaran FVSH 2022 mendapat apresiasi tinggi dari Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D yang turut hadir membuka puncak acara bergengsi ini.

“Apreasiasi sangat tinggi bagi AHM yang berkolaborasi memberikan manfaat nyata di dunia vokasi dan berperan nyata dalam link and match pengembangan guru dan siswa sehingga sesuai dengan perkembangan kebutuhan industri, seperti yang dilakukan AHM terhadap ratusan SMK di Indonesia,” ujar Wikan.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menyampaikan Festival Vokasi Satu Hati merupakan payung dari beragam kegiatan vokasi perusahaan bersama main dealer dan SMK mitra binaan. Pada gelaran perdananya, AHM menyuguhkan inspirasi dari para alumni SMK yang dikemas dalam Talkshow Milenial bersama para alumni dari SMK Binaan yang sudah sukses dalam bekerja, meneruskan kuliah dan berwirausaha.

”Festival Vokasi Satu Hati ini menjadi ajang kami untuk mengukur keberhasilan sekaligus menguji keterampilan siswa, guru sampai dengan keseriusan SMK mitra binaan dalam mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda. Kamipun memberikan apresiasi kepada yang terbaik dengan harapan dapat menyuguhkan tantangan baru dengan terus bersinergi bagi negeri mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing,” ujar Muhibbuddin.

FVSH 2022 mengeluarkan penghargaan untuk kategori Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru. Para guru berkompetisi menunjukkan keahliannya dalam praktek kerja teknikal yang dilakukan secara online selama 10 menit. AHM juga memberikan apresiasi bagi 4 siswa paling kreatif dalam ajang lomba Vocational Video Challenge (VVC). Pada program VVC, para peserta ditantang untuk membuat video belajar teknik sepeda motor Honda berdurasi maksimal 10 menit yang diunggah ke kanal youtube sekolah.

Dari seluruh proses penjurian di tingkat regional maupun nasional, apresiasi diberikan kepada para pemenang, yaitu pemenang pada ajang Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru diapresiasi dengan hadiah sebesar Rp8.000.000 untuk juara pertama, Rp6.000.000 juta untuk juara kedua, serta Rp4.000.000 untuk juara ketiga. Sedangkan untuk kontes Vocational Video Challenge, juara pertama mendapatkan Rp5.000.000, Rp4.000.000 untuk juara kedua, dan Rp3.000.000 untuk juara ketiga. Sedangkan untuk juara terfavorit pada ajang VVC 2022 mendapatkan hadiah sebesar Rp2.000.000.

Apresiasi untuk Sekolah

Pada kesempatan ini, AHM juga memberikan apresiasi untuk sekolah binaan pada program National Assesment for SMK 2022 (Rapot SMK) atas kinerja SMK TBSM Astra Honda. Program yang dilaksanakan setiap tahun ini menilai beberapa faktor, seperti sarana dan prasarana SMK, sistem dan administrasi SMK, kesiapan tenaga ajar hingga prestasi SMK. AHM berikan apresiasi tertinggi bagi SMK Negeri 1 Rota Bayat untuk kelas SMK Grade A, sedangkan untuk SMK Grade A+ diraih oleh SMK Muhammadiyah 3 Karangayar- Jawa Tengah untuk periode penilaian tahun ajar 2021.

Melengkapi apresiasi pada FVSH 2022, AHM juga memberikan penghargaan kepada Main Dealer PT Mintra Pinasthika Mulia untuk program Class L yang memiliki lebih dari 40 sekolah SMK , Astra Motor Yogyakarta di program binaan Class M yang membina lebih dari 11 hingga 40 sekolah SMK, serta Astra Motor Bali untuk program binaan vokasi Class S yang memiliki kurang dari 10 sekolah SMK. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kinerja Main Dealer pada periode sepanjang tahun 2021 dalam konsistensinya untuk menjalankan program vokasi bersama AHM di wilayah masing-masing.

Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda. Hingga Maret 2022, AHM mempunyai 713 SMK TBSM Astra Honda yang tersebar di 310 kota atau kabupaten di 34 Provonsi di seluruh Indonesia.

Diantara total sekolah binaan tersebut, AHM telah memiliki SMK Honda yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia dan terdapat 77 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK mitra binaan Astra Honda yang ingin melakukan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). (*/ila)

Ekonomi