RADAR JOGJA – Di era digital ini, semakin banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Modalnya pun tidak sulit, bahkan ada yang hanya membutuhkan smartphone. Cara mudah tersebut adalah bergabung dalam program afiliasi.

Affiliate Marketing Specialist Niagahoster Donny Yudhistira Nugroho mengatakan, bergabung dalam program afiliasi tidak terbatas dari latar belakang apa saja. Asalkan punya akun dan bisa bermain media sosial atau blog, sudah bisa bergabung dengan program afiliasi. Program afiliasi sendiri adalah program yang memungkinkan seseorang mendapatkan komisi jika ada orang lain yang ikut menggunakan produk yang ia promosikan lewat link atau kode referal khusus.

“Untuk meraup THR extra dari internet menjelang hari raya ini, paling mudah adalah join program afiliasi. Sekarang sudah semakin banyak brand dan perusahaan yang menawarkan keuntungan-keuntungan atau komisi dalam jumlah tertentu untuk afiliatornya,” ujarnya dalam event BreakTalk Niagahoster, Rabu (13/4).

Jumlah dari komisi yang didapatkan oleh afiliator berbeda-beda tergantung kebijakan brand atau perusahaan yang diikuti. Bisa mulai 10%, hingga 70% seperti yang diberikan oleh Niagahoster pada afiliatornya.

Dia menjelaskan, banyaknya brand dan perusahaan yang menawarkan program afiliasi, tentu menjadi tantangan sendiri untuk memilih mana yang paling tepat. Selain dari segi jumlah komisi yang akan diterima, Donny menyarankan calon afiliator untuk mempertimbangkan hal lain.

“Akan lebih baik jika kita menjadi afiliator produk atau layanan yang sudah pernah kita gunakan dan kita sudah tahu bahwa produk atau layanan itu bagus. Dengan mempromosikan produk atau layanan yang kita sudah tahu kualitasnya, pastinya akan lebih menggugah orang lain untuk ikut menggunakannya dengan referensi dari kita,” lanjutnya.

Selain itu, amatlah penting untuk mempromosikan produk atau layanan itu dengan jujur. Oleh karena itu lebih baik jika afiliator sudah tahu pasti keunggulan dan kualitas produk yang akan ia promosikan sebelum membuat konten. Hal tersebut juga menjadi proses membangun kepercayaan audiens. “Jujur saja produk itu bagusnya apa, keunggulannya apa. Karena kalau merekomendasikan produk yang ternyata kurang bagus tapi kita menggebu-gebu mengatakannya bagus, nanti malah membuat orang lain yang sudah tertarik membeli itu jadi kecewa. Akhirnya tidak percaya dengan produk yang kita promosikan lagi,” kata Donny.

Afiliator saat ini sudah sangat banyak, baik di Instagram, TikTok, maupun blog. Tantangan bagi para calon afiliator pun bertambah, yaitu bagaimana untuk menarik perhatian banyak orang untuk mau menggunakan link afiliasi mereka. Strategi untuk bisa bersaing dan berkembang, Donny mengatakan, adalah dengan menjadi sedikit berbeda dari yang lain. Konten-konten unik yang masih jarang atau belum pernah dibuat oleh orang lain, pastinya akan menarik perhatian.

“Untuk bisa bersaing, bertahan, dan berkembang di tengah mulai banyaknya content creator dan afiliator, kita membutuhkan perbedaan yang mendefinisikan brand yang kita promosikan atau yang mendefinisikan diri kita sendiri,” katanya.

Dia melanjutkan, konten juga bisa dibuat untuk lebih engage agar banyak orang tertarik untuk menonton dan mengarah pada ketertarikan untuk menggunakan produk atau layanan yang dipromosikan dengan konten menarik itu. “Orang bisa tertarik membeli karena konten yang menarik, atau karena konten dan brand yang terasa relate dengan dirinya. Itu artinya afiliator sudah menangkap target pasar yang tepat,” tuturnya. (ila)

Selain itu, konsistensi juga penting untuk membuahkan hasil yang maksimal. Dengan konsistensi, meraup penghasilan dan THR tambahan dari internet di tengah persaingan bukan lagi sebuah mimpi. (ila)

Ekonomi