RADAR JOGJA – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali membuktikan komitmennya dalam memperkuat pembinaan pendidikan vokasi di tanah air melalui pemberian donasi 125 unit sepeda motor Honda kepada SMK binaan di seluruh Indonesia. Donasi diberikan kepada SMK yang telah menerapkan kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda dan dilakukan secara bertahap pada bulan April 2022. 

Dalam program donasi ini, AHM memberikan donasi sebanyak 76 motor tipe skutik, 10 motor tipe cub dan 39 motor tipe sport yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa dalam proses belajar praktik sepeda motor Honda. Distribusi donasi unit sepeda motor dilakukan secara bertahap melalui jaringan Main Dealer Astra Honda di seluruh Indonesia. 

Penyerahan donasi sepeda motor Honda kepada SMK mitra binaan dilakukan secara simbolik di Banda Aceh, Minggu (3/4). AHM bersama PT Capella Dinamik Nusantara sebagai Main Dealer wilayah provinsi Aceh memberikan donasi kepada 7 SMK, yaitu SMKN 1 Peurelak, SMKN 1 Bireun, SMKN 2 Langsa, SMKN 1 Bener Meriah, SMKN 2 Bener Meriah, SMKN 1 Teunom dan SMKN 1 Jantho berupa masing-masing 1 unit sepeda motor Honda yang dapat digunakan sebagai penunjang unit praktek tambahan. Kegiatan penyerahan donasi 125 unit sepeda motor Honda ini juga dilakukan ke SMK mitra binaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, pihaknya berupaya untuk terus memastikan adanya peningkatan sekaligus pemerataan kualitas implementasi kurikulum SMK TBSM Astra Honda di semua wilayah. Standardisasi sistem monitoring dan sarana prasarana pendukung dikembangkan AHM untuk meningkatkan kontribusi perusahaan di dunia vokasi sehingga terlahir alumni SMK yang punya daya saing di dunia industri. 

“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri serta berkolaborasi bersama seluruh jaringan sepeda motor Honda, kami terus berusaha hadir untuk mendukung proses belajar mengajar yang berkualitas, salah satunya dengan pemenuhan sarana prasarana untuk belajar siswa. Kami ingin dapat menghadirkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai wujud nyata link and match antar dunia pendidikan dan dunia kerja,” ujar Muhib. 

Untuk memastikan terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang vokasi, AHM menerapkan system monitoring terintegrasi  yang diterapkan secara luring dan daring kepada seluruh SMK mitra binaan AHM melalui pendekatan berbasis digital dan visitasi langsung di seluruh Indonesia. Dalam tahap implementasinya, SMK mitra binaan dengan didampingi Main Dealer melakukan asesmen mandiri terhadap standar sarana prasarana pendukung kurikulum TBSM Astra Honda sesuai dengan ketentuan AHM. 

Program link and match pendidikan vokasi telah AHM jalankan sejak tahun 2010 melalui implementasi kurikulum TBSM Astra Honda. Program pembinaan SMK ini antara lain meliputi pemberian materi ajar berupa teori dan praktik, praktik kerja industri (prakerin) di jaringan bengkel resmi Honda (AHASS) serta uji kompetensi siswa. Untuk pengembangan tenaga ajar (guru) SMK juga dilakukan peningkatan dan pengayaan kompetensi guru melalui program pelatihan dan sertifikasi berstandar industri. Hingga akhir Maret 2022, AHM telah memiliki SMK mitra binaan sejumlah 713 sekolah termasuk 77 tempat uji kompetensi yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK mitra binaan AHM untuk mengikuti Uji Kompetensi Keahlian sesuai standar industri. (*/ila)

Ekonomi