RADAR JOGJA – Memperingati hari jadi yang ke-6, Shopee Indonesia menggelar webinar bertajuk Media Gathering Shope 12.12 Birthday Sale : Kreasi Produk Lokal di Era Modern. Acara ini juga memeriahkan 12.12 Birthday Sale. Tak sendiri, Shoppee juga turut mengundang 3 narasumber dari pelaku usaha lokal.

Head of FMCG Shopee Indonesia Putri Lukman menilai perkembangan pengguna Shopee meningkat pesat. Tak hanya produk industrial, dominasi penjualan juga terlihat pada produk kreasi lokal. Ini karena fasilitas dalam platform Shopee menunjang transaksi para penjual.

“Hingga akhir tahun ini Shopee menjadi sangat diminati oleh masyarakat. Tingkat penjualan, terutama produk kreasi lokal juga meningkat drastis,” jelasnya dalam jumpa media secara daring, Selasa (7/12).

Tiga pelaku usaha lokal berbagi pengalamannya dalam media ghatering virtual. Mereka adalah Muhammad Pradana Budiarto atau yang dikenal dengan nama Ditto Percussion. Suami Ayudia Bing Slamet ini adalah pemilik Stuja Coffe.

Selanjutnya ada pemilik Kylafood, Galih Ruslan dan Giovanno Warli pemilik Dekornata. Ketiga npelaku usaha ini menceritakan pengalamannya masing-masing. Terutama selama melakoni transaksi melalui platfrom Shopee pada masa pandemi saat ini.

“Stuja Coffe mengusung konsep ramah lingkungan. Dari segi kemasan menggunakan botol kaca agar konsumen bisa menggunakan kembali. Semenjak bergabungdengan Shopee, jangkauan pasar menjadi lebih luas,” kata Ditto.

Galih Ruslan menghadirkan beragam kuliner khas Jawa Barat. Uniknya dikemas dalam inovasi makanan instan. Mulai dari seblak, bakso aci, mie kocok serta cimol. Strategi ini agar pembeli bisa menikmati kuliner khas tanpa perlu kerepotan.

Berkat inovasinya ini, penjualan Kylafood melonjak drastis. Bahkan saat ini Galih dan produknya masuk dalam Top 10 Best Selling untuk kategoru FMCG. Galih dan Kylafood sendiri sudah bergabung dengan Shopee sejak empat tahun lalu.

“Ingin produk Kylafood bisa dijangkau ke seluruh masyarakat. Itulah mengapa memilih untuk bergabung ke Shopee sejak 4 tahun yang lalu,” ujar Galih.

Giovanno Warli menciptakan sebuah peralatan rumah tangga dan dekorasi berbahan baku kayu. Terkenal dengan nama Dekornata, sudah berdiri sejak 2018. Giovanno berhasil mengubah pandangan produk kayu yang dianggap kuno dan mahal dengan membuat inovasi.

“Saya memasarkan piring, vas bunga dan tempat tisu yang berbahan baku kayu. Pada awal memulai bisnis memang langsung bergabung ke Shopee. Pertimbangan selain jangkauan adalah pengguna platform yang mayoritas generasi milenial,” kata Giovanno.

Untuk memeriahkan dalam acara kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, pengguna bisa mendapatkan beragam produk dari berbagai pelaku usaha lokal. Penawaran juga beragam seperti Tanam ShopeePay 12, Gratis Ongkir XTRA hingga bisa mendapatkan Diskon 50 persen. (sce/om11/dwi)

Arnanda Yudhistira Sukirman for Radar Jogja

Ekonomi