RADAR JOGJA – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) meluncurkan program BNI Xpora. Ini dalam rangka mendukung pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk program ekspor. Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan enam kantor cabang BNI di luar negeri.

Hal tersebut sudah berjalan pada salah satu pelaku usaha di bidang furniture di Sukoharjo, Jawa Tengah yaitu CV Aryasena di Solo. Salah seorang staf Aryasena Riza Pramudiati mengatakan, sejak berdiri 2004 lalu sudah aktif memasarkan produknya melalui website hingga pameran. Baik di dalam maupun luar negeri.

“Kondisi mulai berubah setelah diajak gabung dalam BNI Xpora,” katanya dalam launching BNI Xpora di Solo, Kamis (22/10).

Program BNI Xpora melakukan business matching, pameran digital, hingga pelatihan membuat video product, katalog dan penempatan di marketplace. Pemanfaatan cabang luar negeri ini dilakukan di enam cabang BRI luar negeri yaitu Singapura, Hongkong, Seoul,Tokyo, London dan New York untuk pemasaran.

Head of Regional BNI Kantor Wilayah 17 DIJ dan Jawa Tengah bagian Selatan Moh Hisyam mengatakan, tujuan dengan para bergabungnya para pelaku usaha ini agar UKM dapat berekspansi secara global. Dengan tagline Ekspor Menjadi Mudah, BNI memberikan layanan terintegrasi dan pendampingan kepada UMKM agar menjadi lebih produktif atau Go Productive.

Selain itu juga meningkatkan literasi, inklusi, dan kapabilitas digital atau Go Digital, serta mampu mengembangkan usahanya hingga menembus pasar global atau Go Global. “Juga memutus rantai makelar sehingga mendukung fair trade atau perdagangan adil. Pengusaha bisa langsung bertemu dengan pembeli agar pendapatan yang diperoleh lebih besar,” ungkapnya.

Peluncuran BNI Xpora dilaksanakan bersamaan dengan acara Opening Ceremony Trade Expo Indonesia (TEI) 2021 yang dilakukan Wakil Direktur Utama BNI, Adi Sulistyowati. Fokus BNI Xpora adalah peningkatan kelas UKM melalui kemitraan dan kolaborasi dengan perusahaan besar dan masuk kedalam pasar global. Hal tersebut diharapkan meningkatkan daya saing dan membangun kemandirian ekonomi nasional. Selain di Solo, BNI Expora juga terdapat di Jakarta, Bandung, Denpasar, Surabaya, Medan, dan Makassar. (obi/om7/ila)

Ekonomi