RADAR JOGJA – Meningkatnya industri gaming di tengah Pandemi Covid-19 membuat masyarakat banyak menggunakan laptop sebagai solusi untuk bermain game. Data yang disajikan dalam IDC Worldwide Quarterly Gaming Device Tracker menyebutkan bahwa prediksi pengiriman PC gaming akan terus meningkat. Khusunya untuk PC gaming, yang mencakup PC desktop dan notebook.

Pengiriman unit diperkirakan tumbuh dari 41,3 juta pada tahun 2020 dan menjadi 52,3 juta pada tahun 2025. Proyeksi pertumbuhan ini dibuat berdasarkan trend yang terlihat di 2021. Meskipun terjadi peningkatan biaya logistik dan masalah kekurangan komponen perangkat keras, namun pengiriman perangkat PC gaming dan monitor para kuartal kedua tahun 2021 tetap cepat.

Melihat tren positif ini, AMD selaku vendor teknologi CPU dan GPU mencoba memanfaatkan peluang tersebut untuk mengembangkan sebuah framework yang dapat menghadirkan pengalaman gaming terbaik yang disebut AMD Advantage Design Framework yang menawarkan paket lengkap laptop gaming dengan mengusung tiga konsep dasar yaitu Amplified Performance, Premium Display, dan Built to Game.

Dengan adanya Amplied Performance dapat memberikan kecepatan respon yang lebih cepat dalam setiap kegiatan komputasi melalui teknologi AMD SmartShift dan AMD Smart Access Memory, Fidelitas gaming dan video streaming yang tinggi, dan juga peningkatan response time yang lebih baik dalam bermain game berkat dihadirkannya teknolog Radeon Anti-Lag dan juga Radeon Boost.

Selanjutnya, demi memanjakan penggunanya AMD menghadirkan Premium Display dimana gamers dapat menikmati grafis menakjubkan saat bermain game, mulai dari tingkat kecerahan minimal 300 nits, 100% sRGB, dan 72% NTSC dengan panel OLED ataupun IPS, serta refresh rate mencapai 144 Hz.

Sedangkan bagian Built to Game meningkatkan respon 3x lebih cepat melalui penggunaan storage NVMe. Deretan laptop AMD Advantage telah memiliki sistem pendinginan yang lebih optimal sehingga dapat menghasilkan suhu rendah pada area sekitar palm rest, terutama pada sektor tombol W, A, S, D tetap stabil pada temperatur kurang dari 40 derajat celcius, dan juga ketahanan daya baterai yang mampu melebihi 10 jam demi kepuasan bermain game.

Perpaduan kartu grafis beserta arsitektur RDNA 2 terbaru seperti AMD Radeon RX 6800M yang diperuntukkan hardcore gamers dengan konsumsi daya minimal 145 watt serta performa gaming pada resolusi 1440p, sehingga AMD Radeon RX 6800M mampu memberikan performa paling tinggi hampir pada sejumlah game kelas AAA. Kemudian AMD Radeon RX 6700M hadir untuk gamers kelas menengah memiliki resolusi 1080p hingga 1440p dengan konsumsi daya 135 watt. Sementara yang terakhir adalah kartu grafis AMD Radeon RX 6600M bagi para gamer kasual yang menawarkan resolusi FHD 1080p dan konsumsi daya maksimal 100 watt.

Terakhir, Laptop gaming berbasis AMD Advantage telah dipercayakan kepada beberapa mitra OEM seperti ASUS, HP, Lenovo, dan MSI sehingga menghadirkan laptop gaming premium dengan mengintegrasikan proposisi nilai AMD Advantage. Dirancang untuk memberikan ergonomi yang nyaman, aktivitas bermain game dengan penggunaan scissor keyboard maupun mechanical keyboard dan sistem pendinginan yang jauh lebih baik.

AMD Advantage Design Framework mengombinasikan performa tinggi dari kartu grafis AMD Radeon™ RX 6000M Mobile Series, AMD Radeon Software, dan prosesor AMD Ryzen™ 5000 Mobile Series dengan berbagai teknologi pintar AMD yang eksklusif dibuat untuk pengalaman bermain game terbaik. (om6/dwi)

Ekonomi