RADAR JOGJA- Attendance management menjadi jenis aplikasi maupun software yang dapat dipakai dalam mempermudah proses absensi maupun pengolahan data absensi. Software tersebut telah mulai sering dipakai oleh berbagai perusahaan bahkan juga tempat usaha seperti UKM.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba aplikasi attendance management untuk mempermudah pekerjaan.

Rekomendasi Beberapa Software Attendance Management Terbaik

Talenta by Mekari

Kini telah hadir aplikasi Talenta by Mekari yang mampu membantu keperluan perusahaan untuk melakukan pendataan dan mengontrol karyawan. Pemakaian aplikasi tersebut telah berbasis website dan mobile yang sudah terintegrasi dengan payroll. Kelebihan adanya fitur ini bisa menyajikan hasil data absensi karyawan dengan real time.

Berbagai keperluan seperti monitor absensi, pengelolaan shift kerja pegawai, dan perhitungan gaji bisa dilakukan cukup dengan aplikasi tersebut. Selain bisa menguntungkan untuk pihak perusahaan, aplikasi ini juga akan memberikan keuntungan kepada pegawai.

Misalnya saja dengan menghindarkan adanya kelupaan untuk melakukan absen. Keuntungan ini menjadi alasan utama mengapa Anda harus download aplikasi attendance management dari Talenta by Mekari.

TimeOff Management

TimeOff Management merupakan aplikasi yang bisa menjadi solusi untuk absensi online di perusahaan. Aplikasi tersebut mendukung sekali untuk pengelolaan absensi dan pencatatan pegawai. Berbagai jenis dari cuti khusus pun bisa direkam secara mudah melalui aplikasi yang satu ini.

Dalam cuti khusus, nantinya ditampilkan di kalender untuk pengguna dan tim di rentang tanggal tertentu. Dengan aplikasi tersebut, manager bisa membatasi jumlah hari yang bisa diambil pegawai dalam setiap jenis cuti. Selain itu, manager juga bisa menetapkan hari besar untuk hari non kerja di sistem aplikasinya.

My HR Toolkit

Aplikasi attendance management yang satu ini caranya juga sangat mudah. My HR Toolkit merupakan sebuah sistem informasi SDM yang bagus sekali guna menyimpan semua data administrasi pegawai.

Untuk melakukan penyimpanan pun, pengaplikasiannya sangat interaktif dan mudah. Dengan satu aplikasi saja, Anda bisa melakukan banyak pencatatan dan pengelolaan ketidakhadiran pegawai.

Jenis aplikasi tersebut telah termasuk ke dalam fungsi pelaporan dan untuk mengelola hari libur. Bahkan, untuk memakainya pun terbilang mudah sekali. Dengan adanya aplikasi tersebut, Anda tidak harus memakai cara konvensional yang bisa memakan waktu banyak.

SmartPresence Dcap

SmartPresence Dcap menjadi rekomendasi selanjutnya apabila ingin aplikasi attendance management. Metode absensi di aplikasi ini dengan memakai pengenalan pola wajah atau validasi wajah. Media yang dipakai oleh aplikasi tersebut yaitu smartphone baik ios maupun android. Sehingga, untuk dapat memperoleh software ini, Anda dapat mengunduhnya di App Store maupun Play Store.

Dalam proses pemakaiannya bisa memudahkan Anda untuk melakukan absensi di lokasi yang sebelumnya sudah ditentukan. Selain itu, aplikasi ini bisa memberikan solusi yang lengkap sekali dalam mengelola dan mengontrol manajemen dari kehadiran pegawai. Mulai dari mengelola suatu jadwal, laporan kehadiran, rekam absensi, dan mengelola data.

Time Clock MTS

Keunggulan yang terdapat pada Time Clock MTS yaitu bisa dipakai dalam 2 versi yang akan disesuaikan dengan kebutuhan. Ada jenis versi yang berbayar, sedangkan yang kedua yaitu versi gratis. Aplikasi tersebut berguna sekali untuk bermacam hal yang berhubungan dengan data dan absensi dari pegawai. Daftar hadir pegawai sampai permintaan cuti pegawai bisa diajukan melewati aplikasi tersebut.

Metode absensi pada aplikasi tersebut bisa berupa metode webcam dan metode sidik jari. Metode webcam biasanya dipakai dengan mendeteksi wajah yang dijadikan bukti kehadiran atau bukti absensi. Ada perbedaan dalam layanan aplikasi jika memakai versi berbayar dan versi gratis.

Keunggulan Memanfaatkan Aplikasi Attendance Management

Memudahkan Pengelolaan Data Absensi

Manfaat yang penting bila Anda aplikasi attendance management yakni akan lebih memudahkan pihak perusahaan guna mengelola data absen. Pengelolaan data absensi adalah beberapa masalah ketika absensi masih memakai sistem yang manual berupa mesin fingerprint ataupun kertas. Misalnya yaitu memerlukan waktu yang terbilang lama ketika merekap data.

Tetapi dengan menerapkan aplikasi absensi online ini, semuanya dapat menjadi semakin mudah. Pengelola data absensi melewati aplikasi yang berjalan dengan otomatis, sehingga memudahkan untuk diakses dan dilakukan.

Mempermudah Sistem Penggajian

Data mengenai absensi pegawai juga memiliki pengaruh dengan sistem gaji. Melihat hal itu, ketika ini telah banyak tersedia di aplikasi terpercaya yang sistemnya telah terintegrasi oleh payroll atau sistem penggajian.

Adanya koneksi antara dua sistem tersebut bisa memudahkan Anda untuk mengolah sistem gaji pegawai. Berbagai hal yang dapat dilakukan dengan adanya fitur tersebut yaitu pembayaran BPJS, gaji, dan uang lembur. Selain itu, untuk fitur payroll dalam aplikasi absensi pun akan mempermudah para pegawai untuk minta cuti. Tak heran jika banyak orang yang melakukan aplikasi attendance management.

Melatih Kejujuran Pegawai

Selain lupa absen, kendala titip absen pun kerap terjadi dalam kalangan pegawai. Titip absen tergolong menjadi tindakan yang curang dan tentunya dapat merugikan perusahaan. Guna menghindari hal itu, maka perusahaan dapat segera aplikasi attendance management.

Aplikasi attendance management dapat melatih tanggung jawab serta kejujuran pegawai dalam menunaikan pekerjaannya. Dikarenakan diunduh di smartphone masing-masing, maka setiap pegawai  perlu mengisi absennya dengan mandiri. Aplikasi absensi online terpercaya biasanya sudah dilengkapi oleh fitur GPS yang dapat membantu perusahaan guna mengecek posisi dari pegawainya.

Meminimalisir Kendala Lupa Absen

Saat pulang kerja, tak sedikit pegawai yang terkadang lupa melakukan absen. Kendala tersebut kerap ditemukan saat sistem absensi masih memakai cara yang manual melewati mesin fingerprint ataupun kertas. Hal tersebut pastinya dapat merugikan pegawai serta membingungkan pihak yang mengelola data absensi.

Namun, risiko lupa absensi tersebut telah dapat diminimalisir jika terdapat aplikasi tersebut. Dikarenakan sebelumnya aplikasi sudah diunduh di perangkat miliki masing-masing pegawai, maka prosesnya pun semakin mudah untuk dilakukan dan diingat. Bahkan, di sebagian aplikasi absensi terpercaya yang diatur dengan otomatis akan menyajikan notifikasi yang bertujuan mengingatkan pegawai terkait absen.

Lebih Hemat Biaya dan Waktu

Selain prosesnya yang semakin mudah, manfaat lainnya yaitu dapat lebih menghemat biaya dan waktu. Sistem absensi yang manual memakai mesin fingerprint maupun kertas memerlukan biaya dan waktu yang banyak, apalagi bila pegawainya tidak sedikit.

Hal ini kini telah tak berlaku lagi semenjak adanya aplikasi absensi online ini. Hanya dengan membayarkan biaya langganan saja, pihak perusahaan serta pegawainya yang jumlahnya banyak sekalipun telah dapat memakai aplikasinya secara mudah.

Karena harga dari aplikasinya juga sangat beragam, maka Anda dapat menghemat dan menyesuaikan biayanya sesuai kebutuhan perusahaan.

Talenta by Mekari menjadi rekomendasi untuk aplikasi attendance management yang sangat disarankan untuk perusahaan Anda. Aplikasi tersebut sangat cocok apabila Anda gunakan untuk melakukan work from home. Talenta by Mekari ini sudah dilengkapi oleh fitur yang bisa menyajikan akses pemantauan mengenai keterlambatan pegawai. (*/sky)

Ekonomi