RADAR JOGJA- Kemajuan teknologi berdampak besar pada setiap aspek kehidupan. Termasuk dalam bidang ekonomi, cara mengelola aset dan keuangan. Perdagangan di bursa valas atau disebut trading, menjadi salah satu peluang bisnis menjanjikan.

Namun cara main yang rumit menjadi hambatan. Sebenarnya terdapat banyak cara trading yang simple tapi untung bisa dicoba trader pemula.

Berpikir tentang cara trading yang tepat, sebenarnya tidak ada cara paten dalam kegiatan ini. Namun, bagi pemula atau trader awam akan menjadi hal yang sedikit sulit.

Ketelitian, kesabaran dan manajemen risiko kegagalan sangat diperlukan. Ketakutan-ketakutan muncul disebabkan kurangnya pemahaman tentang cara trading yang benar.

Sebenarnya ada cara trading yang simple tapi untung yang bisa dicoba. Trader pemula pun pasti bisa melakukannya. Tidak perlu berpikir rumit, lakukan tips dibawah ini untuk memulai aktivitas trading:

  1. Tentukan Instrumen Investasi

Bagi siapa saja yang ingin menggeluti aktivitas trading, tentu harus memutuskan pilihan instrumen investasi jenis apa yang akan dilakukan. Instrumen investasi dalam dunia trading ada banyak sekali, diantaranya yang paling populer adalah saham, reksa dana, peer to peer lending, property, dan deposito. Tentukan satu instrumen yang akan dilakukan kegiatan investasinya.

Selain pilihan instrumen diatas, terdapat satu instrumen investasi fisik yang selalu diminati dari masa ke masa. Investasi Emas tidak pernah lekang oleh zaman dan selalu mendatangkan keuntungan. Risiko investasi emas rendah, sama halnya dengan deposito. Tidak hanya itu, emas juga nilainya cenderung meningkat setiap tahun.

Investasi emas bisa dilakukan dengan menggunakan emas batangan murni bukan berupa perhiasan. Hal ini disebabkan karena emas batangan dinilai dari beratnya. Jangan lupa untuk menyiapkan tempat penyimpanan yang aman.

  1. Buat Susunan Strategi Trading

Hal paling dasar yang harus dipahami oleh setiap trader adalah penyusunan strategi. Trading adalah kegiatan jual beli instrumen investasi dalam jangka waktu yang relatif singkat. Karena keterbatasan waktu tersebut, makan seorang trader dituntut untuk teliti dalam membaca peluang dan tren instrumen investasi miliknya.

Menyusun strategi trading memungkinkan seorang trader menentukan target keuntungan yang ingin dicapai. Selain itu penetapan batas faktor risiko juga diperlukan. Penyesuaian modal adalah hal yang tidak kalah penting untuk ditentukan. Biasanya, pemula akan trading menggunakan akun demo terlebih dahulu. Setelah dirasa cukup paham, bisa berpindah pada akun riil (real trading).

  1. Mulai dari Volume Kecil

Salah satu tips cara trading yang simple tapi untung satu ini memang masuk akal. Sebagai permulaan, biasakan dengan hal kecil. Dalam aktivitas trading, pembiasaan diri mutlak diperlukan. Teori saja tidak cukup, dibutuhkan pembiasaan dan pengenalan dengan situasi pasar.

Sebagai seorang trader pemula, mulailah melakukan transaksi dengan volume (lot) paling minim. Batas minimal volume transaksi adalah 1 lot. Gunakan kesempatan awal untuk membiasakan diri dan beradaptasi dengan kondisi pasar. Jangan sekali-kali bernafsu (serakah) untuk memperbesar jumlah lot jika belum paham dengan kondisi pasar trading.

  1. Disiplin Waktu dan Kenali Jadwal Trading

Buatlah jadwal aktivitas trading dan konsistenlah dalam menjalankannya. Disiplin adalah kunci utama dalam menjalani pekerjaan jual-beli investasi. Tentukan dan kenali waktu-waktu bersahabat dan bisa menguntungkan dalam investasi. Tentukan jadwal dalam melakukan trading, kapan waktu yang tepat untuk masuk dan waktunya harus keluar dari pasar.

Pengetahuan tentang waktu-waktu yang tepat dalam melakukan trading merupakan hal yang krusial bagi para pemula. Seorang trader (manual trader) tidak bisa mengamati laju pergerakan pasar secara nonstop. Oleh karena itu sangat diperlukan pengaturan jadwal yang tepat. Tentukan waktu yang tepat berdasarkan pengamatan mendalam sebelumnya.

Pembiasaan dan jam terbang akan melatih kemampuan dan sensitivitas trader dalam membaca kondisi pasar. Semakin lama dan sering membaca kondisi pasar, semakin mahir pula kemampuan trading seseorang. Trader lama ataupun trader baru memiliki kesempatan sukses yang sama. Hal yang dibutuhkan hanya kesabaran dan keuletan menganalisa kondisi pasar investasi.

  1. Kontrol Emosi Demi Kebaikan Jangka Panjang

Cara trading yang simple tapi untung yang sering terlewat dan dianggap remeh oleh trader pemula adalah kontrol emosi. Mengelola emosi dan psikologi trader merupakan hal yang cukup sulit. Banyak pula yang malah terjatuh pada kesalahan dan berakhir menderita kerugian.

Takut dan ragu biasanya dirasakan trader pemula dalam mengambil keputusan. Keraguan kadang muncul saat seorang trader menentukan kapan harus masuk atau keluar pasar. Sebaliknya, tidak sedikit trader yang malah merasa terlalu bersemangat dan cenderung rakus. Sikap greedy bisa berbalik dan merugikan. Fokuslah pada tujuan dan strategi yang telah dibuat sebelumnya.

  1. Perhatikan Manajemen Resiko

Stop Loss (SL) poin dan Taking Profit (TP) poin merupakan dua hal yang harus ditentukan dengan cermat guna meminimalisir timbulnya kerugian. Fungsi tersebut akan sangat berguna bagi trader pemula ataupun trader lama yang memiliki waktu analisa minim.

Kesibukan dan urusan lain diluar trading menimbulkan keterbatasan waktu untuk mengecek pasar dan melakukan analisa kondisi pasar. Pada saat inilah fungsi diatas perlu untuk diaplikasikan. Seperti tujuan awal seorang trader yang ingin mendapat profit, maka dalam prakteknya dibutuhkan konsistensi yang tinggi dalam melakukan trading.

  1. Gunakan Alternatif Robot Trading

Auto trade adalah serangkaian perangkat elektronik yang fungsinya membantu seorang trader dalam menemukan peluang perdagangan di pasar trading. Software ini berperan dalam menentukan kapan harus membeli ataupun menjual di pasar valas. Beroperasi secara otomatis, robot trading sangat membantu tanpa perlu diatur manual.

Sistem auto trade diciptakan dan ditujukan bagi trader pemula dan kurang ahli dalam membaca kondisi pasar. Meminimalisir kerugian yang dapat timbul, sistem pada robot trading di desain khusus tanpa emosi. Tidak ada keraguan ataupun rasa rakus dalam melakukan trading. Semua dilakukan oleh robot sesuai dengan instruksi pada sistem yang dibuat.

Tool auto trade sangat cocok bagi trader yang ingin mendapatkan income berkelanjutan namun tidak ingin repot menganalisa pasar. Banyak keuntungan yang didapat jika menggunakan sistem auto trade. Sebagaimana halnya sebuah robot, auto trade di desain untuk digunakan 24 jam sehari nonstop. Fitur-fitunya juga selalu mengalami pengembangan untuk hasil yang maksimal.

Kecanggihan teknologi menjadi pendukung semakin berkembangnya software auto trade di luaran. Salah satu yang sedang populer dengan best quality  adalah Auto trade gold. Seperti namanya, auto trade gold merupakan robot trading yang berfokus pada trading emas. Keuntungan yang diperoleh dalam sekali transaksi bisa mencapai 0,5 dan 1,5 % dari modal awal.

Diciptakan untuk dapat meringankan proses trading khususnya trading emas. Auto trade gold memiliki banyak keunggulan sebagai salah satu robot trade paling populer saat ini, diantaranya:

Auto trade tanpa harus dipantau nonstop 24 jam

Performa trading lulus uji standar

Kemampuan multitasking dalam melakukan trading

Trading aman karena robot tanpa emosi

Fitur canggih dan terus di upgrade berkala

Setelah membaca informasi di atas seputar cara trading yang simple tapi untung diharapkan tidak akan ragu atau salah mengambil keputusan. Apapun cara yang dilakukan, entah itu menggunakan cara manual ataupun bantuan Auto trade pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing. Banyak belajar dan memahami kondisi pasar adalah kunci utama sukses dalam dunia trading. (*/sky)

Ekonomi