RADAR JOGJA – Dalam rangka memaknai Hari Kemerdekaan RepublikIndonesia (RI) yang ke-76 dengan semangat untuk bangkit danberbagi, BRI memberikan apresiasi kepada 68 Paskibraka Nasional dan 44 Tenaga Pendukung yang telah menyelesaikan tugasnya pada Upacara Bendera 17 Agustus 2021. Kegiatan penyerahan apresiasioleh BRI dilakukan pada Kamis (19/8) dengan mengambil temaSemangat Berbangsa dari Paskibraka Apresiasi BRI kepadaPaskibraka Nasional 2021 dan Tenaga Pendukung.

Melalui aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR), BRI memberikan apresiasi kepada setiap anggota Paskibraka berupa dana bantuan pendidikan, sementara bagi Tenaga Pendukung mendapatkandana apresiasi. Anggota Paskibraka 2021 yang berasal dari 34 Provinsi ini telah menyelesaikan tugasnya dengan baik, dimulai sejakperiode seleksi hingga puncaknya pada upacara Bendera hinggapenurunan Sang Merah Putih di Istana Merdeka pada 17 Agustus2021 lalu.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga Mahanana Nugrahamengapresiasi perjuangan para anggota paskibraka. “Kami sangatmengetahui bahwa seleksi untuk menjadi anggota PaskibrakaNasional ini tidaklah mudah, mulai dari tingkat sekolah, tingkatkabupaten/kota, dan tingkat Provinsi. Tambah lagi, ketika sudahterpilih adik-adik disini menjalani Pendidikan dan PelatihanPaskibraka dari Kemenpora dengan kedispilinan yang sangat ketat.Jadi patut mendapatkan apresiasi dari semua pihakungkapnya.

Perjuangan tersebut juga dirasakan langsung oleh salah satu anggotaPaskibraka Nasional 2021 yang menerima dana apresiasi Pendidikan, dia adalah Ardelia Muthia Zahwa yang bertugas sebagai pembawabaki Bendera Pusaka Merah Putih. Perempuan kelahiran TebingTinggi, 6 Desember 2004, sebelum terpilih menjadi salah satu dari anggota Paskibraka Nasional 2021, Ardelia mengikuti beberapaseleksi. Perempuan yang berusia 16 tahun ini mengikuti seleksiPaskibraka Tingkat Kota Medan hingga seleksi Tingkat ProvinsiSumatera Utara tahun 2021. Ardelia Muthia Zahwa yang merupakanperwakilan dari Provinsi Sumatera Utara terpilih sebagai pembawabendera Merah Putih.

Arga berharap kedepannya mereka dapat tetap menjaga semangatPaskibraka di semua lini kehidupan dan tugas-tugas selama belajar, selalu fokus pada tugas sebagai pelajar, dapat beradaptasi di berbagaimacam lingkungan, dan pada akhirnya dapat mencapai kesuksesanyang membuat orang-orang disekitar menjadi sangat bangga. Semoga dana bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tentunya Apresiasi yang diberikan BRI ini, diharapkandapat memberikan motivasi di kemudian hari, karena kami tahu bahwa setelah penugasan ini anggota Paskibaraka harus kembali mengemban tugas utama yaitu untuk belajar dan meraih cita-cita yang diinginkan,tegasnya.

Pada momentum hari peringatan kemerdekaan kali ini BRI juga menyalurkan pemberian bantuan kepada para pelajar yang merupakananak-anak dari tenaga pendukung kesehatan/medis yang selama masa pandemi ini telah bekerja keras dengan penuh tanggung jawabmelaksanakan tugasnya. Dalam pelaksanaanya, BRI bekerja samadengan Rumah Sakit di berbagai wilayah di Indonesia dan menyalurkan bantuan berupa apresiasi dana Pendidikan sebesarkepada 1.800 anak.

Para penerima manfaat merupakan para pelajar (anak sekolah) dari SD/sederajat, SMP/sederajat hingga pelajar SMA/sederajat dan merupakan anak-anak tenaga pendukung Kesehatan/medis sepertisupir ambulans, tenaga kebersihan, petugas pemulasaran RumahSakit (RS), tenaga administrasi RS, pekerja dasar RS, dan non pekerja tetap lain yang masuk dalam kategori tidak mampu.

BRI selalu memberikan dukungan yang signifikan terhadappencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, terutama dalammeningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sebagai yang terdepan, BRI terus berusaha untuk menyelaraskan kinerja ekonomi, sosial dan lingkungan hidup, serta memberikan pembiayaan yang berwawasan lingkungan, sosial dan tata kelola.

Komitmen BRI untuk terus mengedepankan pelayanan kepadamasyarakat tidak hanya ditunjukkan melalui aktivitas bisnisperbankan semata, namun juga tanggung jawab sosial BRI terhadappengembangan sosial dan kemasyarakatan yang diwujudkan dalambentuk program BRI Peduli. “Komitmen BRI untuk terusmengedepankan pelayanan kepada masyarakat tidak hanyaditunjukkan melalui aktivitas bisnis perbankan semata, tetapi juga melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial kemasyarakatan”, pungkas Arga.(*/sat)

Ekonomi