RADAR JOGJA- Aplikasi laporan keuangan yang bisa diandalkan nyatanya sangat dibutuhkan agar para pengusaha memiliki pemahaman lebih baik tentang status finansial bisnis yang dilakoni. Bukan itu saja, laporan secara berkala juga bisa jadi acuan dalam pengelolaan finansial suatu perusahaan.

Pada intinya, laporan finansial sangat mempengaruhi peningkatan profitabilitas suatu bisnis dalam jangka panjang melalui laporan jangka pendek.

Ketahuilah, kehadiran aplikasi laporan keuangan yang akurat dan tepat sangat penting di berbagai sektor industri.

Apa yang dimaksud dengan aplikasi laporan keuangan

Secara garis besar, sebuah perusahaan sangat bertanggung jawab dalam menyediakan tiga laporan utama. Di antaranya adalah arus dana tunai, kondisi keuangan secara keseluruhan, dan operasi yang mendatangkan keuntungan. Laporan tersebut merupakan bagian dari pernyataan akhir yang terdiri dari laporan laba rugi, saldo, dan arus dana tunai.

Kehadiran aplikasi laporan keuangan tertentu bisa membantu para pengusaha memproses tiga jenis laporan tersebut secara mudah. Dengan begitu, Anda bisa mendapat gambaran lebih jelas sekaligus komprehensif mengenai level, tujuan, dan rencana bisnis kedepannya.

Mengapa aplikasi laporan keuangan sangat dibutuhkan oleh perusahaan

Berikut beberapa alasan mengapa aplikasi laporan keuangan sangat dibutuhkan untuk menjalankan suatu bisnis, antara lain:

Menghadirkan status finansial perusahaan secara real-time

Anda pasti menyadari, bahwa status keuangan kerap menentukan tingkat keberhasilan bisnis apapun. Suatu analisa yang dilakukan secara cepat terhadap laporan keuangan bisnis Anda bisa memberikan pemahaman lebih baik mengenai status finansial perusahaan.

Umumnya, hal ini meliputi informasi likuiditas, leverage, dan juga profitabilitas. Informasi tersebut juga bisa membantu pengelolaan strategi demi pencapaian tujuan yang objektif.

Melalui aplikasi keuangan, para pemilih bisnis bisa memiliki akses lebih mendalam ke berbagai informasi finansial secara mudah. Bahkan, para akuntan hingga staf juga bisa mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan kapan dan di mana saja.

Kehadiran aplikasi ini juga akan membantu sebagian dari mereka dalam pembuatan laporan keuangan yang akurat atau sekadar melakukan rekonsiliasi bank yang memang dibutuhkan. Di samping itu pula, aplikasi keuangan juga bisa dijadikan media yang membantu penyelesaian kasus akun double entry.

Membantu menentukan keputusan finansial

Meski laporan keuangan suatu perusahaan bukan sumber informasi utama untuk membuat berbagai keputusan penting yang dibutuhkan demi mengembangkan bisnis, ketahuilah bahwa laporan ini bisa memberi status keuangan Anda secara singkat.

Dengan kata lain, aplikasi laporan keuangan bisa membantu Anda menentukan keputusan finansial manajemen beserta aksi lanjutan sesuai data keuangan yang tersedia.

Bahkan, aplikasi yang akurat mampu memudahkan Anda dalam melihat tren dan juga pola seputar utang piutang, inventaris, pengeluaran, dan aktivitas bisnis lainnya.

Menyajikan laporan finansial dengan akurat

Tak sedikit bisnis yang memilih untuk menggunakan layanan dari akuntan dan penasihat pajak dalam mengelola data finansialnya. Hal ini kerap dilakukan demi memastikan tingkat akurasi dan menghasilkan laporan yang minim kesalahan saat musim pajak tiba.

Namun Anda harus paham, sejenak meluangkan waktu untuk sekadar menganalisa laporan keuangan sangat penting dilakukan. Tak ada salahnya untuk memantau berbagai informasi finansial seputar gaji karyawan, arus tunai, hingga belanja modal untuk memastikan keakuratan laporan keuangan bisnis yang dimiliki. Jika tak ingin repot, maka Anda bisa mengalihkan tugas ini pada aplikasi laporan keuangan yang terpercaya.

Umumnya, aplikasi semacam ini memiliki dasbor yang dilengkapi berbagai fitur canggih. Mulai dari otomatisasi, penghasilan laporan, dan akses yang mudah digunakan sehingga Anda bisa memasukkan seluruh data tanpa repot.

Dulu, tugas ini memerlukan peran dari seorang akuntan ataupun ahli pembukuan karena dilakukan secara manual. Namun, aplikasi laporan keuangan yang layak mampu mengerjakan itu semua dalam waktu ekstra cepat.

Pada beberapa kasus, pengoperasian sistem aplikasi keuangan tidak membutuhkan pengalaman karena memang diciptakan dengan metode sangat mudah. Anda bahkan bisa menguasainya dalam waktu sekejap.

Apa saja manfaat dari aplikasi laporan keuangan bagi bisnis kekinian

Tentu saja, aplikasi laporan keuangan diciptakan dengan beragam manfaat. Berikut beberapa di antaranya:

Membuat laporan keuangan perusahaan secara aman dan anti-repot

Berkat kecanggihan teknologi masa kini, Anda tak usah repot lagi membuat laporan keuangan bisnis secara manual. Pasalnya, sebagian besar perusahaan masa kini telah menggunakan aplikasi laporan keuangan terbaik untuk membantu para pekerjanya membuat laporan finansial secara mudah, cepat, dan akurat.

Selain itu, aplikasi laporan keuangan bisa diakses kapan dan di mana saja. Bahkan, Anda tak perlu mengkhawatirkan soal keamanan data perusahaan yang diunggah pada sistem aplikasi tersebut. Sebab, setiap pengembang menyediakan cloud untuk membantu pengguna menyimpan berbagai data keuangan perusahaannya.

Aplikasi laporan keuangan menyajikan data secara lengkap

Melalui penggunaan aplikasi laporan keuangan, Anda bisa mendapatkan data secara detail sehingga laporan finansial bisnis tersaji secara transparan dan lengkap. Bahkan, aplikasi semacam ini mampu menunjukkan setiap informasi seputar aset perusahaan yang dimliki.

Seperti yang ditulis oleh Jurnal.id di halaman fitur aplikasi laporan keuangan mereka https://www.jurnal.id/id/fitur/laporan-keuangan-bisnis/, Berkat berbagai fitur yang melekat Anda bisa mengetahui berapa jumlah nominal uang yang masuk dan jumlah barang yang keluar sesuai periode tertentu. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menghitung laba rugi perusahaan sekaligus melihat seberapa besar investasi perusahaan.

Aplikasi jenis ini juga membantu Anda dalam memantau setiap kegiatan finansial perusahaan. Anda pun bisa melihat sekaligus menganalisa setiap laporan secara detail.

Menghemat waktu

Melalui sistem yang dibuat secara khusus, Anda akan semakin dimudahkan ketika hendak membuat laporan keuangan perusahaan. Tak bisa dipungkiri, membuat laporan finansial secara manual sangat sulit dilakukan.

Belum lagi, pembuatan laporan semacam ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika Anda membuat kesalahan sehingga harus dilakukan pencatatan dan penghitungan ulang.

Dengan adanya aplikasi laporan keuangan, seluruh data akan dikerjakan secara otomatis oleh sistem terkait. Jadi, Anda tidak akan direpotkan lagi dalam hal pencatatan ataupun penghitungan data untuk membuat suatu laporan finansial perusahaan.

Apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih aplikasi laporan keuangan bisnis

Setelah Anda mengetahui alasan dan manfaat dari aplikasi laporan keuangan untuk suatu bisnis, maka ketahui pula perihal pertimbangan lain saat memilih aplikasi yang paling tepat.

Pastikan aplikasi laporan keuangan mampu mengakomodir kebutuhan perusahaan

Apabila bisnis yang Anda lakoni masih berskala kecil, maka Anda membutuhkan aplikasi yang mampu berkembang bersama kebutuhan bisnis tersebut. Ketika berencana menggunakan aplikasi keuangan, tak ada salahnya mencari informasi seputar keunggulan dan fitur yang ada di dalamnya.

Jangan ragu untuk memastikan apakah aplikasi tersebut memiliki fitur terlengkap. Walaupun misalnya bisnis Anda belum akan menggunakan seluruh fitur tersebut, percayalah suatu hari nanti Anda pasti akan membutuhkannya seiring pertumbuhan bisnis yang kian melesat.

Memastikan aplikasi laporan keuangan terintegrasi dengan akun perbankan

Percayalah, Anda bisa menghemat lebih banyak waktu jika memiliki kemampuan mengunduh transaksi perbankan secara manual. Oleh sebab itu, sebelum memilih aplikasi keuangan yang tepat, pastikan dulu apakah produk tersebut menyediakan fitur yang memang terintegrasi secara otomatis dengan akun perbankan perusahaan.

Pilih aplikasi keuangan sesuai kebutuhan perusahaan

Sebaiknya, tentukan dulu jenis aplikasi keuangan seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Apakah Anda membutuhkan aplikasi dengan lisensi terbatas untuk sekadar mengakses program pada komputer atau aplikasi yang menggunakan basis cloud sehingga lebih aman dijalankan melalui browser internet?

Ketahuilah, jika Anda hendak mengakses data maupun catatan perusahaan dari banyak komputer, maka aplikasi laporan keuangan online bisa jadi pilihan terbaik.

Ketersediaan fitur pembatasan pengguna

Ada beberapa aplikasi yang ternyata menerapkan fitur pembatasan pengguna. Artinya, saat ada satu orang menggunakan aplikasi laporan keuangan yang dimaksud, maka individu lain tidak bisa mendapatkan akses penuh ke semua fungsi yang ada di dalamnya.

Bisa jadi, individu tersebut hanya memiliki akses ke area tertentu, seperti entri data bukannya membuka data laporan secara keseluruhan. Umumnya, para pengembang aplikasi laporan keuangan terkait menganggap bahwa, data perusahaan penuh dengan informasi sensitif sehingga menerapkan fitur semacam ini.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan penggunaan aplikasi yang dilengkapi fitur pembatasan pengguna maupun hak akses seperti contoh di atas agar lebih aman.

Mencoba fitur gratis aplikasi

Salah satu cara paling tepat untuk mengetahui apakah suatu aplikasi laporan keuangan bisnis bisa bekerja dengan baik adalah mencobanya secara detail. Ada banyak aplikasi yang dilengkapi dengan fitur uji coba gratis disertai tutorial dan juga panduan bagi para penggunanya. Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami apa saja keunggulan dan fitur yang disediakan.

Bisa diakses melalui berbagai perangkat

Ketika suatu aplikasi berbasis cloud bisa digunakan di berbagai perangkat seluler, maka Anda pun bisa mengakses catatan keuangan perusahaan secara mudah di mana dan kapan saja. Dengan begitu, para pemilik bisnis kecil pun bisa memeriksa data keuangan secara menyeluruh sekaligus memasukkan biaya terkait dari mana pun.

Kemudahan fitur saat digunakan

Aplikasi keuangan yang mudah digunakan pastinya sangat membantu para pemilih usaha kecil yang bisa jadi tak memiliki latar belakang akuntansi apapun. Namun, setiap pengusaha sudah pasti menginginkan aplikasi dengan fungsi akuntansi mendasar sekaligus bisa dipahami secara mudah.

Berikut ini ada beberapa poin penting yang patut dipertimbangkan saat menilai kemudahan suatu aplikasi keuangan yang bisa diakses, di antaranya:

Kemampuan aplikasi dalam mengirim faktur maupun pesanan pembelian secara online ataupun email.

Terintegrasi dengan rekening perbankan ataupun perangkat lunak lain yang kerap digunakan. Misalnya, aplikasi pengelolaan toko berbasis online maupun aplikasi kasir.

Pengubahan data dari beberapa program akuntansi maupun database lain.

Kemudahan dalam mengekstrak ataupun memindahkan data yang telah terinput dalam sistem.

Memastikan aplikasi dibuat dengan layanan dan dukungan pelanggan terbaik

Ketika hendak memilih aplikasi keuangan beserta data lain untuk keperluan bisnis Anda, coba pertimbangkan soal pengalaman layanan dan dukungan pelanggan yang ditawarkan. Pastikan terdapat akses menuju layanan tersebut berupa halaman bantuan yang bisa ditelusuri, demo, hingga akun contoh agar Anda bisa mulai menggunakannya secara mandiri.

Jangan lupa pula untuk memastikan bahwa Anda bisa menghubungi orang yang ahli saat menemui kendala yang bisa dijawab secara online. Ketahuilah, layanan dan dukungan pelanggan merupakan kunci utama demi mendapatkan pengalaman terbaik terhadap suatu program laporan keuangan pada perusahaan Anda.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai aplikasi laporan keuangan yang perlu Anda ketahui sebagai pelaku bisnis masa kini. Setiap data finansial terkait urusan bisnis selalu menjadi hal paling pelik yang tak bisa diremehkan begitu saja. Pasalnya, informasi ini terkait dengan performa dan juga perkembangan bisnis dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih aplikasi keuangan terbaik. (*/sky)

Ekonomi