RADAR JOGJA- Dalam mewujudkan integrasi gerakan credit union, PUSKOPCUINA meningkatkan efektivitas melalui kualitas berbasis teknologi.

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Puskop Credit Union Indonesia atau PUSKOPCUINA menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) XXXII tahun buku 2020 selama 3 hari, 27 Mei hingga 29 Mei 2021.

Ketua Pengurus PUSKOPCUINA, Edi Vincentius Patebang menuturkan, bahwa PUSKOPCUINA adalah koperasi sekunder terbesar di Indonesia dari sisi aset dan anggota yang tersebar di seluruh Provinsi.

“Anggota Credit Union (CU) adalah masyarakat kecil. Misi utama Koperasi CU yaitu meningkatkan kualitas hidup anggota melalui pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan serta layanan keuangan yang berkualitas.” ujarnya saat menggelar presscon di Hotel Melia Purosani Kamis (27/5).

Edi menambahkan, RAT yang  bertemakan mewujudkan integrasi gerakan credit union melalui efektivitas PUSKOPCUINA dilaksanakan secara luring dan daring. Jumlah peserta mencapai angka 216 peserta, 167 hadir offline dan online 49 orang.

“Layanan utama kita adalah pendampingan tentang tata kelola, simpan pinjam, teknologi informasi, pendidikan dan pelatihan serta pemberdayaan. Dalam hal teknologi informasi, kita mempunyai aplikasi terintegrasi untuk 3 kebutuhan, yaitu payment, akuntansi keuangan, dan SmartCU (memasarkan hasil usaha produktif anggota).

Modernisasi pengelolaan Koperasi CU ini wajib dilakukan oleh seluruh anggota PUSKOPCUINA dengan layanan transaksi secara digital. PUSKOPCUINA telah bekerjasama dengan vendor untuk membangun sistem informasi teknologi berupa aplikasi terintegrasi tersebut,”katanya. (om4/sky)

Ekonomi