RADAR JOGJA – Siapa yang tidak pernah pergi ke mal? Meskipun sejak pandemi banyak pusat perbelanjaan atau mal mengalami penyesuaian kebijakan operasional, namun mal tidak pernah benar-benar ditinggalkan.

Bukan tanpa alasan, mal menjadi satu destinasi yang bisa menjawab hampir semua kebutuhan masyarakat luas. Setelahnya mengalami rehat panjang, memasuki tahun 2021 mal sudah mulai beroperasi kembali dengan mengedepankan protokol kesehatan yang cukup ketat. 

Banyak agenda yang umumnya dilakukan saat berkunjung ke mal. Mulai dari sekedar jalan-jalan untuk refreshing, bertemu dengan teman dan kerabat untuk makan siang bersama, berolahraga di pusat kebugaran, hingga berbelanja berbagai kebutuhan supaya agenda jalan-jalan di mal tetap aman dan nyaman, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.

Cari Mal yang Tidak Terlalu Jauh dari Rumah

Dari banyaknya pilihan mal, biasanya sebagian orang memilih mal yang besar, berada di pusat kota atau mal yang cukup hits di ibukota. Dengan menimbang risiko paparan virus saat berada di mal yang cukup ramai, tidak ada salahnya memilih untuk pergi ke mal yang tidak terlalu jauh dari rumah namun tetap lengkap toko hingga tempat makan atau jajannya. Selain waktu tempuh lebih singkat, kita juga bisa lebih strategis mengatur lamanya waktu berada di luar rumah.

Nggak Boleh Lupa, Bawa Barang-Barang Ini saat Belanja

Bagi yang ingin pergi ke mal untuk berbelanja, jangan lupa bawa barang-barang ini saat belanja agar tetap aman seperti hand sanitizer, tisu kering dan basah, alat makan hingga tas belanja sendiri. Selain menjaga kebersihan, ke lima barang tersebut bisa memberikan rasa aman saat makan, jajan atau belanja di mal. Dengan membawa kantong belanja, kita sudah berperan aktif dalam menekan penggunaan kantong plastik serta nggak perlu keluar uang lagi untuk membeli tas belanja yang akhirnya menumpuk di rumah.

Maksimalkan Promo Supaya Lebih Untung

Seringkali, berawalnya dari niat hanya ingin cuci mata di mal, banyak orang akhirnya pulang dengan barang belanjaan yang banyak. Supaya lebih untung saat belanja, saat ini banyak tersedia promo diskon hingga cashback yang bisa digunakan masyarakat. Salah satunya adalah Fitur Promo Mal Sekitarmu yang ada di aplikasi Shopee. Dengan menggunakan fitur ini, selain bisa mendapat informasi mal terdekat, pengguna juga bisa merencanakan barang dan jajan yang akan dibeli dan membeli voucher cashback spesial dengan menggunakan ShopeePay sejak dari rumah. Dengan strategi ini, belanja pun lebih cepat serta untung.

Gunakan Metode Pembayaran Cashless ketika Bertransaksi

Setiap melakukan transaksi, pilihlah metode pembayaran cashless untuk mengurangi kontak fisik dan antrean saat berada di kasir. Jangan lupa selalu isi saldo sesuai estimasi budget belanja sejak dari rumah, agar nantinya tidak perlu lama mengantri isi saldo dulu saat ingin bayar. 

Fitur Promo Mal Sekitarmu maupun voucher promo yang disediakan ShopeePay di aplikasi Shopee bisa dimanfaatkan agar aktivitas di mal lebih aman. Untuk menggunakan fitur Promo Mal Sekitarmu, berikut beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan.

  1. Buka aplikasi Shopee dan pilih menu Deals Sekitarmu
  2. Perhatikan apakah lokasi yang tertera secara otomatis sudah sesuai dengan lokasi terkini atau yang diinginkan 
  3. Temukan bagian Popular Shopping Mall dan pilih lihat lainnya untuk memperbanyak tampilan dan informasi mal
  4. Daftar mal akan muncul berurutan mulai dari jarak terdekat dari lokasimu. Pilihlah salah satu mal yang hendak dikunjungi 
  5. Pilih voucher ShopeePay yang ingin dibeli serta lokasi merchant di dalam mal tersebut
  6. Transaksi dengan ShopeePay dan nikmati promo menariknya

Jangan lupa top up saldo ShopeePay untuk mempercepat transaksi, secara bebas biaya melalui minimarket maupun transfer bank/mobile banking. Selamat berbelanja! Selalu ingat untuk jadi cerdas saat belanja. (*/ila)

Ekonomi