Radar Jogja – Pengumuman pemenang kompetisi video “Angkringan Nusantara Bersama Intra Jahe Wangi” akhirnya tiba. Sebanyak tiga pemenang, 20 video favorit, serta dua video dengan views terbanyak diumumkan, Selasa (4/5) sore.
Pengumuman pemenang ditayangkan secara live di YouTube Intra Jahe dan Instagram @intrajahe.

Acara dipandu langsung oleh General Manager PT Intrafood Singabera Indonesia—produsen Intra Jahe Wangi— Awang Prihandono, serta seniman sekaligus komedian Solo, Whawin Lawra dan Mamang Tse.

Para pemenang tersebut telah berhasil lolos penilaian dewan juri, dari 400-an video yang mengikuti “Angkringan Nusantara Bersama Intra Jahe Wangi” yang digelar 22 Februari-22 April 2021. “Jujur, proses penjurian memang sangat ketat. Peserta tak hanya bagus-bagus dari sisi tema, namun kualitas video pun bisa dikatakan sudah semi pro,” tutur Awang.

Angkringan Saung Kulo dari Tangerang dengan video yang menggambarkan semangat dan perjuangan pemilik usaha angkringan di tengah pandemi Covid-19, berhasil mendapatkan penilaian tertinggi. Peserta dengan akun Instagram @fajarudin.ajitama tersebut meraih juara I dan berhak mendapat hadiah Rp 10 juta.

Selanjutnya, juara II “Angkringan Nusantara Bersama Intra Jahe Wangi” diraih Tempo Dulu Kopi dari Bali. Peserta dengan akun Instagram @ayumartini_niluh ini berhak mendapat hadiah Rp 5 juta. Kemudian, juara III dengan hadiah Rp 3 juta diraih Angkringan Orlando dari Karanganyar, dengan akun Instagram @ridhoendy. Intra Jahe Wangi juga mengumumkan 20 juara video favorit. “Dari hasil penjurian, kami juga memilih 20 video favorit. Video ini juga bagus-bagus,” kata Awang.

Adapun 20 video favorit itu, yakni Angkringan Lik Tan dari Jogja, Angkringan Srupat Sruput dari Surakarta, Angkringan Den Bejo dari Surakarta, Angkringan 36 dari Jepara, Wedangan Mbah Giraz dari Karanganyar. Kemudian, Wedangan Budi Anduk dari Surakarta, Gamelan Kopi dari Jakarta, Angkringan Arsel dari Situbondo, Warung Kopi Pertelon Brakseng dari Batu, Tam Coffee dari Medan, Angkringan Pak Andik dari Sukoharjo.

Masih dalam 20 video favorit juga ada Angkringan Manteb dari Wonogiri, Wedangan Ichwan dari Sukoharjo, Angkringan Pendopo dari Sukoharjo, Angkringan Lek So dari Sukoharjo, Angkringan Sepatan Pusat dari Sukoharjo. Ada juga Angkringan Kromorejo dari Karanganyar, Warmindo Yosodipuro dari Surakarta, Angkringan Agus Kenthus dari Jogja, dan Angkringan Pandawa dari Sragen.“Video-video favorit tersebut masing-masing mendapatkan hadiah Rp 500 ribu,” ucap Awang.

Yang menarik, hari ini Intra Jahe ternyata juga memberi kejutan dengan mengumumkan dua video dengan views terbanyak, yang dihitung hingga 22 April. “Ini sebagai apresiasi kami kepada para peserta Angkringan Nusantara Bersama Intra Jahe Wangi,” papar Awang.
Adapun dua video dengan views terbanyak, yakni Angkringan Jibles dari Grobogan dengan 31.484 views per 22 April. Kemudian Angkringan Bu Zer dari Sukoharjo dengan 26.524 views. Masing-masing berhak mendapat hadiah berupa bingkisan menarik dari Intra Jahe.

Diakui Awang, kompetisi video kali ini benar-benar istimewa. Di mana jumlah peserta cukup banyak, bahkan melebihi target awal panitia. Selain itu, peserta juga hampir merata, berasal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk luar Pulau Jawa. “Ini sesuai dengan tema kompetisi, Angkringan Nusantara. Sebab, mulai akhir tahun kemarin, PT Intrafood Singabera Indonesia yang sebelumnya hanya melakukan pendistribusian di Jawa Tengah dan Jogja, akhirnya memutuskan distribusi ke seluruh Indonesia,” terang Awang. (*/pra/sky)

Ekonomi